Sukses

Lifestyle

Orangtua Menua tapi Kita Belum Jadi Apa-Apa, Akankah Hidup Ini Sia-Sia?

Fimela.com, Jakarta Semakin kita dewasa, muncul berbagai hal baru yang berkecamuk di dalam benak kita. Pada saat-saat tertentu ketika kita menghabiskan waktu dengan orangtua, barulah kita sadar bahwa mereka juga menua. Seiring bertambahnya usia kita, maka semakin menua juga hidup mereka.

Lalu, muncul sebuah pertanyaan. Sudahkah kita membahagiakan mereka?

Orangtua semakin menua dan kita sebagai anaknya belum menjadi apa-apa, kadang ada rasa sedih yang muncul saat merasakan hal itu. Dulu kita pikir kita bisa menjadi anak kebanggaan mereka saat kita sudah dewasa. Tapi kenyataannya kita masih saja membebani dan merepotkan mereka hingga saat ini. Kita masih sering membuat mereka sedih dan terluka sampai sekarang.

Sungguhlah Sedih saat Melihat Orangtua yang Semakin Menua

Dulu ayah kita adalah sosok yang tegap dan kuat badannya. Kini, tubuhnya semakin kurus dan fisiknya tak sekuat dulu. Dulu ibu kita adalah seseorang yang selalu memasang wajah tersenyum setiap waktu. Kini, setiap kali ia tersenyum, ada keletihan yang semakin berat di balik matanya. Melihat itu semua membuat kita merasa makin sedih. Ah, akankah hidup ini akan sia-sia karena belum bisa membahagiakan dua orang terpenting itu?

Harapan dan Kesempatan Itu Selalu Ada Selama Kita Tidak Menyerah

Rasa penyesalan yang kita rasakan biasanya akan semakin besar saat satu demi satu harapan orangtua ternyata belum bisa kita penuhi sepenuhnya. Ada harapan dan impian orangtua yang ternyata tak bisa kita wujudkan dalam waktu tertentu. Entah itu dalam hal pendidikan, pekerjaan, atau pernikahan. Ada hal-hal yang belum bisa kita lakukan untuk membuat orangtua kita tersenyum di usia senjanya.

Seiring bertambahnya waktu dan usia, kita malah membuat mereka kecewa dengan keputusan-keputusan yang kita ambil. Tapi pada kenyataannya memang ada hal-hal yang berada di luar kendali kita. Tak perlu menyalahkan diri sendiri ketika apa yang sudah diupayakan ternyata tidak terjadi sesuai harapan. Tak apa jika kita belum bisa mewujudkan yang terbaik. Selama kita masih berusaha sebaik-baiknya untuk membuat hati mereka tenang, maka selalu ada kesempatan untuk memperbaiki banyak hal.

Tak Perlu Terlalu Sering Menyalahkan Diri Sendiri

Orangtua semakin menua, itu realita yang tak bisa kita pungkiri. Kita memang harus menerimanya. Tak usah menghakimi hidup sendiri sebagai sebuah kegagalan. Selama masih ada waktu dan kesempatan, kita masih bisa memperbaiki keadaan. Hidup ini kadang memang berat untuk kita jalani sendiri. Ada hal-hal yang terjadi di luar harapan dan keinginan kita. Akan tetapi, begitulah hidup.

Setidaknya jangan menyerah. Kita mungkin belum jadi apa-apa, tapi bukan berarti hidup ini akan berlalu dengan sia-sia belaka. Semoga aku, kamu, dan kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat membanggakan kedua orangtua kita tercinta.

 

#ChangeMaker

;
Loading