Sukses

Lifestyle

Meski Kadang Perfeksionis, Ini Kelebihanmu Terlahir sebagai Sulung

Fimela.com, Jakarta Urutan lahir bisa memengaruhi karakter dan kepribadian kita. Gaya pengasuhan yang berbeda dari orangtua bisa membentuk karakter tertentu pada masing-masing anak. Bagi kamu yang terlahir sebagai anak sulung, pasti ada hal-hal yang cukup menonjol dari kepribadianmu yang membedakanmu dari adik-adikmu.

Seorang sulung kadang perfeksionis. Melansir laman parents.com, anak sulung umumnya akan dibesarkan orangtua dengan cara gabungan antara insting dan trial-and-error. Saat memiliki anak pertama, maka itu jadi pengalaman pertama bagi orangtua dalam membesarkan dan mendidik anak. Sehingga orangtua kadang masih terlalu kaku dan tegas soal aturan-aturan. Hal ini pun bisa membuat seorang sulung jadi pribadi yang perfeksionis karena terbiasa untuk melakukan yang terbaik untuk orangtua.

Kelebihan Anak Sulung

Anak sulung umumnya memiliki kepribadian yang bisa diandalkan, sangat jeli, tidak gegabah, dan punya motivasi tinggi untuk membuat pencapaian-pencapaian baru. Selain itu, anak sulung juga dikenal rajin dan selalu berusaha melakukan yang terbaik dari setiap hal yang dikerjakannya. Seorang sulung juga punya potensi menjadi seorang pemimpin karena terbiasa untuk mengatur berbagai hal sendiri.

Tantangan yang Dihadapi Anak Sulung

Kadang seorang sulung terlalu keras atau kaku untuk memastikan segalanya ada dalam kendali atau kontrolnya. Apalagi jika didikan orangtua masih sangat kaku dan penuh aturan, maka anak sulung bisa kesulitan untuk bersikap lebih fleksibel.

"Mereka kadang sangat takut menghadapi kegagalan, jadi tak ada pencapaian yang membuat mereka merasa cukup," papar Michelle P. Maidenberg, Ph.D., seorang ahli terapi anak dan keluarga di White Plains, New York dalam menjelaskan kepribadian anak sulung. Saat seorang sulung takut membuat kesalahan, maka ia akan memilih untuk mengikuti aturan dan standar yang sudah ada. "Mereka biasanya tidak fleksibel, tidak suka perubahan dan ragu-ragu untuk keluar dari zona nyamannya," tambah Michelle.

Seorang sulung pun bisa rentan mengalami tekanan. Seperti ketika seorang sulung diberi lebih banyak tanggung jawab di rumah dalam urusan pekerjaan dan menjaga adik-adik, maka anak sulung bisa mudah merasa stres.

Apakah kamu juga anak sulung? Kira-kira kelebihan terbesar apa yang kamu punya sebagai anak sulung?

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Ini yang Akan Jalani Karir dan Keuangan Terbaik Oktober 2020 Ini
Artikel Selanjutnya
Kembangkan Bakat Kreator Video dengan Smartphone di Galaxy Movie Studio