Sukses

Lifestyle

5 Kontribusi yang dapat Dilakukan untuk Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020

Fimela.com, Jakarta Hari ini, 10 Oktober 2020, diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Hal ini didukung sepenuhnya oleh WHO (World Health Organization), yang mempercayai pentingnya menjaga kesehatan mental. Negara di seluruh dunia mengalami dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya dari keadaan darurat kesehatan global saat ini akibat COVID-19 yang juga berdampak pada kesehatan mental jutaan orang.

Kita tahu bahwa tingkat kecemasan, ketakutan, isolasi, jarak dan pembatasan sosial, ketidakpastian dan tekanan emosional yang dialami telah menyebar luas saat dunia berjuang untuk mengendalikan virus dan mencari solusi. Bulan-bulan penuh ketidakpastian di tengah pandemic COVID-19 ini telah berdampak besar pada kita semua dan memprioritaskan kesehatan mental tidak pernah lebih penting daripada sekarang. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendukung Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020.

Menghargai Diri Sendiri

Perlakukan dirimu dengan kebaikan dan rasa hormat serta hindari mengkritik diri. Luangkan waktu untuk hobi dan proyek favoritmu atau perluas wawasanmu. Luangkan waktu untuk berkebun, mengikuti pelajaran menari, belajar memainkan alat musik atau belajar bahasa.

Menjaga Tubuh

Merawat diri sendiri secara fisik dapat meningkatkan kesehatan mental. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi, hindari merokok, mengonsumsi banyak air putih, berolahraga yang dapat membantumu mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, penelitian percaya bahwa kurang tidur berkontribusi pada tingginya tingkat depresi pada setiap orang.

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang Baik

Orang dengan hubungan keluarga atau sosial yang kuat umumnya lebih sehat daripada mereka yang tidak memiliki jaringan pendukung. Buat rencana dengan anggota keluarga dan teman yang mendukung atau mencari aktivitas di mana dirimu dapat bertemu dengan orang baru.

Pelajari Cara Mengatasi Stres

Suka atau tidak suka, stres adalah bagian dari hidup. Latihlah keterampilan mengatasi stres yang baik. Cobalah untuk melakukan Tai Chi, olahraga, jalan-jalan di alam, bermain dengan hewan peliharaan, atau juga bisa menulis di dalam jurnal sebagai pereda stres. Juga, ingatlah untuk tersenyum dan melihat humor dalam hidup. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan nyeri merilekskan tubuh dan mengurangi stres.

Hentikan Kebosanan

Meskipun rutinitas membuat kita lebih efisien dan meningkatkan perasaan aman, sedikit perubahan kecepatan dapat membuat jadwal yang membosankan. Ubah rute jogging, rencanakan perjalanan darat, berjalan-jalan di taman yang berbeda atau lainnya. Ini akan menghindarkanmu dari rasa bosan.

Aksi kecil yang Sahabat Fimela lakukan untuk mendukung kesehatan mental akan membantu menyelamatkan jiwa orang lain juga. Tetap jaga kesehatan dan semoga tetap bahagia ya!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading