Sukses

Lifestyle

Cinta Pertama Susah Dilupakan, Kenapa Bisa Begitu?

Fimela.com, Jakarta Masih ingat dengan cinta pertamamu? Masih ingat kenangan yang hadir dari pengalamanmu jatuh cinta untuk pertama kalinya? Cinta pertama seringkali sulit dilupakan. Bahkan setiap kenangan dan pengalamannya bisa terus diingat seumur hidup.

Bukanlah tanpa alasan cinta pertama itu sulit dilupakan. Bahkan tak perlu merasa bersalah karena belum bisa melupakan cinta pertama yang mungkin tidak berakhir indah. Sungguh wajar cinta pertama itu akan susah dilupakan.

 

Ada Alasan Ilmiahnya

Pengalaman jatuh cinta untuk pertama kali memang sulit dilupakan. Melansir laman timesofindia.indiatimes.com, ada alasan ilmiah kenapa hal ini terjadi. Hippocampus adalah bagian pada otak yang bertanggung jawab atas pengalaman dan ingatan baru. Bagian tersebut memiliki kemampuan unik untuk mendeteksi pengalaman baru dan langka. Pengalaman dan informasi baru lebih menonjol dan berbeda dari informasi lainnya, sehingga memudahkan kita untuk terus mengingatnya. Dalam hal cinta pertama, pengalaman yang kita rasakan akan lebih menonjol karena itu pengalaman baru yang pernah kita punya sehingga kita pun akan terus mengingatnya dan susah melupakannya.

Dalam jurnal Neuron, ada penelitian menarik yang menyebutkan bukti bahwa ingatan emosional seperti rasa berdebar-debar jatuh cinta untuk pertama kalinya, bisa memberi pengaruh lebih banyak pada sejumlah bagian berbeda di otak termasuk hippocampus, dibandingkan ingatan biasa. Jadi, bila kita masih mengingat pengalaman jatuh cinta untuk pertama kalinya atau cinta pertama kita, hal itu ternyata tak hanya dipengaruhi oleh faktor emosi melainkan ada bagian otak kita yang aktif.

Cinta Pertama Menghadirkan Banyak Pengalaman Pertama Lainnya

Ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya, banyak hal-hal pertama lainnya yang juga terjadi dalam hidupmu. Misalnya bergandengan tangan untuk pertama kalinya, jalan berdua untuk pertama kalinya, cemburu pertama kalinya dan lain sebagainya. Memori inilah yang membuatmu juga berkenalan pertama kalinya dengan istilah pacaran atau hubungan cinta.

Cinta pertama memberi banyak pengalaman yang mengubahmu, mengenalkanmu dan mengajarkanmu pada banyak hal, mewakili masa mudamu, berbagai kemungkinan dan bahkan mengenal diri sendiri. Cinta pertama memberi kesan mendalam dan hal ini jelas akan terus diingat seumur hidup.

Ada yang cinta pertamanya berakhir indah. Ada juga yang berakhir lara. Apa pun itu, cinta pertama akan menjadi bagian dari hidup kita dan kita cukup menerima dan mensyukuri semua pengalaman yang ada.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Survei Kesehatan Jiwa Saat Pandemi, Usia 30 Tahun ke Bawah Paling Cemas dan Trauma
Artikel Selanjutnya
Resep Pear Smoothie Enak dan Menyehatkan