Sukses

Lifestyle

Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Minum Teh Bunga Telang untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis minuman teh yang bisa dinikmati hangat maupun dingin dan setiap teh memiliki kandungan nutrisi sehat yang berbeda-beda, termasuk teh bunga telang. Pernahkah kamu mencoba minum teh bunga telang?

Berbeda dari teh-teh kebanyakan yang terbuat dari daun, teh bunga telang termasuk salah satu jenis teh yang dibuat dari bunga yang dikeringkan. Teh yang dibuat dari bunga dari tanaman dengan nama ilmiah Clitoria ternatea ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, terutama untuk kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central, Phytotherapy Research menemukan bahwa bunga telang memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan menjaga kulit awet muda.

Manfaat Kesehatan Teh Bunga Telang

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal NCBI tahun 2019 dengan judul A Commercial Potential Blue Pea (Clitoria ternatea L.) Flower Extract Incorporated Beverage Having Functional Properties juga menyebutkan bahwa bunga telang kaya akan antosianin sebagai antioksidan kuat yang membantu aktivitas antioksidan di dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan seluruh tubuh, terutama kesehatan kulit.

Cara menyeduh teh bunga telang sebenarnya sama seperti menyeduh teh pada umumnya namun punya keunikan tersendiri. Salah satu keunikan teh ini adalah warnanya yang sangat cantik ketika diseduh. Air panas yang merendam bunga telah kering akan mengeluarkan warna biru yang indah dan segar, dan jika diberi perasan jeruk nipis atau lemon warnanya akan berubah ungu.

Jadi, jika ingin menjaga kulit cantik, sehat dan awet muda, coba minum teh bunga telang yang berwarna cantik ini ya Sahabat Fimela!

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading