Sukses

Lifestyle

Mencoba Bisnis Online Shop yang Ternyata Sangat Kunikmati

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Desiana Halim

Ini kisahku sembilan tahun yang lalu. Saat itu aku berusia 15 tahun dan sedang libur kenaikan kelas. Karena liburanku kebanyakan di rumah, aku pun iseng berjualan online bermodalkan handphone.

Aku mulai membuat Blackberry Group dan dibantu temanku dibuatkan akun Facebook. Waktu itu, karena aku lumayan suka belanja online dan aku mengenal sang pemilik, aku pun mengutarakan niatku kepadanya. Dan ia sangat mendukungku. Ia mengusulkanku untuk membuat sistem dropship. Dropship adalah saat pesanan dan pembayaran sudah diterima, kita akan order kepada supplier dan ia akan memprosesnya.

Dari iseng berjualan, dalam seminggu aku sudah mendapat keuntungan yang sangat lumayan untuk aku yang masih duduk di bangku sekolah. Saat itu rasanya aku seperti lady boss. Awalnya yang hanya keluarga dan teman-teman yang membeli, lama-lama ada orang yang tak kukenal juga membeli kepadaku. Aku pun saat itu mencari-cari pemasok/supplier yang lain agar barangku bervariasi. Berawal aku hanya menjual atasan, terusan, celana, rok, aksesoris lama-lama aku pun menambah jualanku dengan berjualan tas, sepatu dan bahkan makanan.

Terus Bermimpi

Masuk sekolah ajaran baru, aku dikenal teman-teman, adik-kakak kelas bahkan guru-guruku sebagai owner online shop. Aku pun tetap berjualan sampai sekitar setengah tahun berlalu, aku mulai membeli putus beberapa barang yang kuyakin saat itu akan laku. Aku mulai serius menjalankan bisnisku ini dan bahkan sampai aku kuliah, aku suka membawa daganganku ke kampus. Saat lagi tak ada pelajaran di kelas, aku menawarkan ke teman-temanku dan beberapa dari mereka ada yang membelinya bahkan pernah dosenku juga membeli baju dariku.

Saat liburan semester kuliah, aku pun memberanikan diri untuk membuka booth di Plaza Bapindo yang saat ini sudah berganti nama menjadi Menara Mandiri. Aku dibantu mamiku berjualan selama 4 hari. Dari situ, kami juga mengenal sesama penjual lainnya dan mendapatkan lebih banyak tips untuk berjualan.

Saat ini aku sedang bekerja di suatu perusahaan sesuai bidangku. Sudah hampir 2 tahun aku setop berjualan karena kesibukanku di kantor. Rencana aku di bulan depan, aku mulai berjualan lagi di Instagram dan marketplace. Aku sudah membeli stok untuk barang baru di online shop-ku.

Yang ingin kusampaikan, jangan takut bermimpi. Selama matahari masih bersinar, Tuhan pasti akan membukakan jalan-Nya. Yang kita harus lakukan percaya dan lakukan yang terbaik. Karena apa pun cita-citamu selama itu positif, pasti ada jalan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading