Sukses

Health

5 Manfaat Susu Beruang untuk Mencegah Kolesterol dan Osteoporosis

Fimela.com, Jakarta Susu beruang merupakan susu yang terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Susu beruang ini sebenarnya adalah susu sapi yang segar. Lalu diproses dengan tahapan sterilisasi agar aman untuk dikonsumsi untuk segala usia, mulai dari anak lepas dari ASI atau 2tahun.

Susu sapi ini disebut dengan susu beruang, karena susu ini dikemas dengan kaleng bergambar beruang. Susu beruang memiliki beberapa varian rasa yang banyak manfaatnya. Susu ini memiliki kandungan protein serta lemak yang tidak tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Beberapa pakar kesehatan dan juga dokter sering menganjurkan seseorang yang sedang sakit, untuk mengonsumsi susu beruang ini setiap hari. Karena susu beruang ini memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi dan bisa memulihkan kesehatan. BerikutĀ manfaat susu beruang untuk kesehatan, selain menurunkan kolesterol:

Manfaat Susu Beruang

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat mengonsumsi susu beruang yang pertama adalah membantu mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang, yang menyebabkan kondisi tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Gejala osteoporosis sebenarnya tidak bisa diketahui secara langsung, kecuali ketika penderita osteoporosis mengalami patah tulang atau cidera pada tulang. Penyakit ini sering kali menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Susu beruang dapat dikonsumsi berbagai usia, karena susu ini memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga bisa membantu membuat tulang lebih kuat dan mencegah terjadinya peradangan pada sendi.

2. Sumber Energi

Susu beruang baik dikonsumsi setiap pagi, siang ataupun malam hari. Jika susu ini dikonsumsi pada pagi dan siang hari, bisa membantu menambah energi harianmu, agar tubuh menjadi lebih kuat dan tidak lemas atau mengantuk saat menjalankan aktivitas. Susu beruang merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, karena susu ini memiliki kandunganĀ vitamin B kompleks seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin B12. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam susu beruang ini, juga bisa membantu perkembangan tumbuh kembang anak, mempercepat metabolisme tubuh, dan bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurut pakar kesehatan gizi,Ā Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc, yang berasal dari Universitas Indonesia, susu beruang ini sangat aman dikonsumsi, untuk orang yang sedang menjalankan program diet dan menderita obesitas. Susu beruang ini bisa membuat perut kenyang lebih lama. Susu ini aman untuk dikonsumsi pada pagi, siang dan malam hari sebelum atau sesudah makan. Tetapi lebih baik sebelum makan, agar porsi makan lebih bisa terkontrol. Susu ini memiliki kandungan yang rendah lemak, sehingga tidak membuat perut menjadi buncit. Susu ini juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, serta membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Manfaat Susu Beruang

4. Mendetoksifikasi Racun

Susu beruang memiliki manfaat untuk membantu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Pada beberapa kasus keracunan seperti seseorang yang keracunan makanan, biasanya akan disarankan untuk meminum susu beruang yang memiliki rasa original. Karena susu memiliki zat laktosa, yang sangat mudah untuk dicerna sistem pencernaan, kemudian menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Cara zat laktosa bekerja di dalam tubuh adalah dengan mengencerkan racun, membilas racun, membersihkan racun yang menempel di saluran pencernaan, kemudian mengeluarkan racun melalui air kencing dan BAB.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain terkenal di dunia kesehatan, karena susu beruang mampu menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan sakit, ternyata susu beruang juga terkenal di dalam dunia kecantikan. Susu beruang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E, yang memiliki sifat sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan menyembuhkan masalah kulit. Kandungan tersebut bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti melembapkan kulit, mencerahkan kulit, mengatasi keriput, membuat kulit lebih elastis dan lain sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading