Sukses

Lifestyle

10 Manfaat Daun Kelor dan Resep Masakan yang Mampu Mencegah Kanker

Fimela.com, Jakarta Daun kelor adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Daun ini memiliki nama lain merunggai atau moringa oleifera, yang berasal dari suku Moringaceace.

Di negara Indonesia, daun kelor selalu dikaitkan dengan mistis. Bahkan masih banyak orang yang percaya, mengonsumsi daun kelor bisa mengusir setan, dan memandikan jenazah dengan daun kelor bisa membersihkan hal gaib dan benda gaib yang menempel ditubuhnya.

Tetapi menurut para ahli kesehatan, daun kelor ini memiliki nutrisi yang baik untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit, dan bisa membantu merawat kecantikan kulit. Daun kelor juga bisa diolah menjadi masakan yang menyehatkan. Berikut manfaat daun kelor dan resep masakan daun kelor yang membantu mencegah kanker, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, karena daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor, bisa membantu melawan radikal bebas, membunuh sel kanker di dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Mengontrol Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, kandungan yang terdapat di dalam daun kelor bisa membantu mengontrol kolesterol, sehingga rutin mengonsumsi daun kelor bisa membantu melancarkan aliran dalam di dalam tubuh.

3. Mencegah Diabetes

Mineral yang terkandung di dalam daun kelor, bisa membantu meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah di dalam tubuh lebih terkontrol dan terhindar penyakit diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Menurut Jurnal of Medicinal Food tahun 2009, mengonsumsi daun kelor dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, karena daun kelor membantu aliran darah di dalam tubuh lebih lancar. Bahkan mengonsumsi daun kelor bisa membantu mencegah penyakit asma.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Vitamin dan mineral yang ada di dalam daun kelor, memiliki sifat sebagai antioksidan yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi daun kelor bisa membantu mencegah sembelit dan peradangan usus.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kronis, daun kelor juga terkenal di dunia kecantikan, karena bisa membantu merawat kecantikan kulit. Berikut manfaat daun kelor untuk kecantikan:

1. Mencegah Penuaan Dini

Daun kelor memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit, yang sering terjadi pada seseorang yang memasuki usia 20tahun keatas.

2. Melembapkan Bibir

Terlalu sering menggunakan lipstik bisa membuat bibir menjadi kering, kasar dan pecah-pecah. Menghaluskan daun kelor dan dijadikan sebagai masker bibir, bisa membantu melembapkan bibir dan bibir terasa lebih halus.

3. Mencerahkan Kulit

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi belang, kusam dan memunculkan flek hitam di kulit. Menggunakan daun kelor untuk masker wajah, bisa membantu mencerahkan kulit belang dan menghilangkan noda hitam di kulit.

4. Mengatasi Jerawat

Daun kelor yang ditumbuk atau dihaluskan, lalu dicampur dengan minyak esensial, bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang mampu mengatasi jerawat. Karena kandungan di dalam daun kelor, bisa membantu membunuh bakteri jerawat dan meredakan peradangan jerawat.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Daun kelor bisa digunakan sebagai masker eksfoliasi, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kalau pori-pori bersih, maka ukuran pori-pori akan mengecil dan bebas dari komedo.

Resep Masakan Daun Kelor

Resep Bakwan Daun Kelor

Gorengan merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Salah satu gorengan yang enak adalah bakwan. Gorengan ini terbuat dari tepung dan isian sayuran, yang menyehatkan. Bakwan kali ini sangat istimewa, karena diolah dengan daun kelor.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat daun kelor
  • 2sdm tepung racikan
  • 3sdm tepung terigu
  • Merica dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan semua tepung, beri merica, garam dan penyedap rasa lainnya.
  2. Aduk adonan dan beri sedikit air.
  3. Lalu masukkan daun kelor ke dalam adonan.
  4. Kemudian gorenglah adonan sedikit demi sedikit.
  5. Jika sudah matang, bakwan daun kelor bisa disantap dengan cabe rawit.

Resep Kue Mangkuk Daun Kelor

Kue mangkuk merupakan camilan yang bisa membuat perut kenyang. Kue mangkuk yang satu ini berbahan dasar daun kelor, mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak.

Bahan yang digunakan:

Bahan pertama:

  • 125gr gula pasir
  • 250ml air dan daun kelor, diblender

Bahan kedua:

  • 100gram tape singkong
  • 125gram tepung beras
  • 25gram tepung terigu
  • 1sdt ragi instan
  • 1sdt¬†baking powder

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan pertama ke dalam panci, rebus hingga mendidih.
  2. Haluskan tape singkong, kemudian campur dengan bahan kedua.
  3. Setelah itu campurkan bahan pertama ke bahan kedua sedikit demi sedikit.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakanKukus adonan kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah itu kue mangkuk daun kelor bisa dinikmati.
Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai