Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Kunyit pada Masakan agar Tidak Langu dan Getir

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak makanan yang menggunakan kunyit, umumnya kunyit berfungsi pewarna makanan sekaligus penambah cita rasa makanan sehingga lebih kaya rempah dan lebih nikmat.

Namun sadarkah kamu bahwa kunyit sebenarnya tidak dibutuhkan banyak-banyak dalam banyak resep? Mungkin sekilas rasa kunyit tidak terlalu kuat bahkan hambar, namun mengapa takaran atau porsinya perlu diatur? Karena makanan yang terlalu banyak kunyit ternyata bisa memberikan rasa getir di lidah.

Meski mungkin beberapa orang tak masalah dengan rasa getir ini, namun untuk lidah yang sensitif, makanan getir karena terlalu banyak kunyit pasti tak akan nikmat. Lalu bagaimana cara menentukan agar masakan tidak terasa pahit dan getir karena kunyit? Begini tips yang bisa kamu ikuti.

1. Bakar kunyit

Umumnya rasa getir dan pahit ini berasal dari kunyit yang mentah. Untuk mengurangi rasa getirnya kamu bisa membakar kunyit terlebih dahulu sbelum dihaluskan. Cukup sampai agak berubah warna, jangan sampai gosong.

2. Jangan asal memberi kunyit bubuk 

Jika ingin memberikan kunyit dalam bentuk bubuk, berikan sedikit demi sedikit untuk mengetahui takaran yang pas. Satu sendok makan adalah takaran yang sangat banyak, jadi mulai dulu dengan sejumput atau 1/4 sdt kunyit untuk makanan dalam porsi besar, dan kurang dari itu untuk makanan dengan porsi kecil.

3. Gunakan secukupnya

Ini kunci utamanya agar makanan tidak getir dan pahit, baik menggunakan kunyit segar atau pun bubuk. Gunakan secukupnya, jangan lebih dari yang disarankan pada resep. Karena rasa kunyit tidak akan hilang atau memudar begitu saja meski dimasak lama, justru akan semakin teras.

Itu dia sekian tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membuat makanan dengan bumbu kunyit yang tidak pahit dan getir.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading