Sukses

Lifestyle

4 Alasan Punya Penghasilan Sendiri Membuat Perempuan Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Di sini kita tak akan membuat perdebatan soal mana yang lebih baik antara perempuan bekerja dan tidak bekerja atau ibu berkarier atau ibu rumah tangga. Bagaimana pun setiap perempuan punya piihan sendiri atas hidupnya. Bekerja atau tidak bekerja, berkarier atau tidak berkarier, masing-masing berhak menentukan pilihan hidupnya.

Yang akan kita bahas di sini adalah soal bagaimana memiliki penghasilan sendiri bisa membuat seorang perempuan lebih bahagia. Menikah atau belum menikah, perempuan yang punya penghasilan sendiri bisa menciptakan kebahagiaan-kebahagiaannya sendiri. Mencari dan memiliki penghasilan sendiri bisa dengan cara bekerja di perusahaan atau menjadi pekerja lepas, sebab memang ada banyak cara untuk bisa memiliki pendapatan atau penghasilan sendiri. Bagi yang saat ini mungkin sedang butuh semangat baru, beberapa hal berikut ini bisa menjadi mood booster-mu.

1. Memiliki Penghasilan Sendiri Memudahkan Kita Mengontrol Berbagai Aspek Kehidupan

Dengan memiliki penghasilan sendiri, kita akan terdorong untuk membuat perencanaan keuangan sendiri. Kita bisa lebih mudah membuat pos-pos pengeluaran. Bisa lebih mudah membagi prioritas-prioritas kehidupan yang ada. Ketika sudah menikah misalnya, kita tak akan terlalu menggantungkan diri dan hidup pada penghasilan suami semata. Setidaknya bila ada hal-hal darurat atau genting yang membutuhkan biaya, kita masih memiliki dana cadangan dari penghasilan kita sendiri. Hal ini pun menghadirkan lebih banyak ketenangan dan membuat kita bsia lebih bahagia.

2. Memiliki Penghasilan Sendiri Memberi Kepuasan Batin

Sebagian di antara kita pasti ada yang bekerja lebih dari sekadar untuk mendapatkan uang. Ada kepuasan batin sendiri saat apa yang kita lakukan dan kerjakan bisa menghasilkan sesuatu dan dihargai sesuatu. Saat kita bisa mengaktualisasikan diri dengan baik, ada kebahagiaan tersendiri yang bisa kita dapatkan dan miliki.

 

3. Memiliki Penghasilan Sendiri Memberi Sebentuk Kebebasan

Punya penghasilan sendiri biasanya justru melatih kita untuk bisa lebih cermat dan hemat dalam mengatur keuangan. Tidak melakukan pemborosan atau belanja sembarangan. Dari sini kita pun bisa memiliki sebentuk kebebasan. Saat ingin membeli sesuatu, kita bisa langsung menggunakan uang kita sendiri tanpa harus membebani atau merepotkan orang lain. Saat butuh sesuatu, kita bisa menggunakan uang yang kita punya untuk memilikinya. Sebentuk kebebasan ini jelas akan membuat kita lebih bahagia.

4. Memiliki Penghasilan Sendiri Bisa Memudahkan Kita Membantu Orang Lain

Dari sebagian penghasilan kita, kita bisa menyisihkannya untuk diberikan ke orangtua atau ke orang-orang yang membutuhkan. Kita bisa membantu dan meringankan beban orang lain melalui penghasilan atau uang yang kita punya. Meski penghasilan kita tak banyak, tapi saat kita bisa mengulurkan sedikit bantuan pada orang lain dengan itu, kita akan menemukan kebahagiaan baru.

Bekerja dan menghasilkan uang sendiri memang tidak mudah. Meski begitu, bukan berarti hidup kita akan merana. Semoga apa pun pekerjaan atau usaha yang ditekuni saat ini bisa terus mengalirkan kebahagiaan dalam hidupmu, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading