Sukses

Lifestyle

Ini 7 Rahasia Pernikahan Bisa Bahagia Meski Banyak Perbedaan

Fimela.com, Jakarta Punya banyak perbedaan dengan pasangan dalam menjalani hubungan cinta memang tak mudah, apalagi jika kamu sudah memutuskan menikah. Sebisa mungkin tidak ada keputusan untuk berpisah. Namun bagaimana caranya agar bisa tetap sehati dan sepikiran meski punya banyak perbedaan? Ini yang kamu butuhkan.

1. Komitmen

Hal paling utama jika sudah memutuskan menikah adalah menjaga komitmen. Menikah adalah keputusanmu untuk berkomitmen bersama pasangan, jadi bertanggung jawablah menjaga komitmen tersebut. Perasaan bisa datang dan pergi, namun keputusan bisa menjaga komitmen tergantung kemampuan setiap orang.

2. Pengertian

Kunci dasar hubungan pernikahan bahagia adalah memiliki rasa saling mengerti, terutama bisa menerima kekurangan pasangan. Tak ada yang sempurna di dunia ini, dan jika kamu bisa mengerti dan menerima hal itu, kamu akan lebih mudah menerima segala baik buruknya pasangan.

3. Tidak sebatas hubungan seksual

Pernikahan memang menjadikanmu halal untuk melakukan hubungan seksual kapan saja dengan pasangan, namun tidak berhenti sampai di situ. Jika pikiran dangkalmu hanya soal memenuhi nafsu, sebaiknya jangan menikah. Jadilah tonggak untuk satu sama lain, bukan hanya jadi pasangan tai juga menjadi sahabat.

4. Waktu

Tidak ada sesuatu yang bisa berhasil jika kamu tidak memberikan waktu untuk merawat dan memperhatikannya. Quality time, bonding atau apa pun istilahnya, jika kamu tidak memberikan waktu agar hubungan ini bisa berhasil, ya tidak akan berhasil. Jadi sebisa mungkin sisihkan waktu setiap hari untuk kencan singkat dengan pasangan.

 

5. Apresiasi

Banyak pasangan suami istri yang gagal menjalani pernikahan karena pasangannya tak bisa menghargai usahanya. Ini adalah karakter mental yang harus dibangun mulai dini, tak peduli seberapa besar perbedaanmu dengan pasangan. Punya kemampuan bisa saling menghargai dan mengapresiasi usaha masing-masing adalah bekal pernikahan yang awet.

6. Saling menghormati

Bukan hanya suami yang patut dihormati, istri juga perlu dihormati posisinya sebagai seorang ibu rumah tangga, ibu yang bekerja dan ibu dari anak-anaknya. Saling menghormati satu sama lain adalah hal penting yang perlu dijalankan dalam pernikahan jika ingin membangun rumah tangga yang kokoh.

7. Sabar dan bisa memaafkan

Tak banyak yang sadar bahwa kesabaran adalah hal penting yang perlu dimiliki seseorang ketika ingin pernikahannya berhasil. Kesabaran juga perlu disertai sikap mudah memaafkan. Setiap orang melakukan kesalahan, dan kamu tak bisa berpaling dari pernikahan hanya karena satu kesalahan kecil.

Jadi pastikan memiliki sekian hal di atas jika ingin pernikahan bahagia meski punya banyak perbedaan. 

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading