Sukses

Lifestyle

8 Pencegahan dan Penanganan Tindakan Kekerasan Terhadap Perempuan

Fimela.com, Jakarta Mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan adalah upaya yang melibatkan semua orang di masyarakat kita. Kekerasan adalah pelanggaran hak asasi manusia untuk keselamatan. Kekerasan terhadap perempuan sudah terjadi sejak lama, tapi kita bisa bekerja sama untuk mencegahnya di masa depan.

Kekerasan terhadap perempuan dapat dicegah dengan memperkuat akses perempuan pada hak asasi dan sumber daya dasar. Ada beberapa hal yang dapat membantu mencegah terjadinya kekerasan yang terjadi pada perempuan yang dilansir dari womanshealth.gov (26/11), seperti berikut ini.

Hubungi Pihak Berwajib

Hubungi polisi jika dirimu melihat atau mendengar bukti kekerasan dalam rumah tangga. Dapatkan bantuan kepada pihak berwajib untuk menyelamatkanmu dari kekerasan perempuan. Pihak berwajib akan menindak lanjuti perkara tersebut dan bisa saja, pelaku dihukum.

Dapatkan Dukungan dari Keluarga

Dukung teman atau anggota keluarga yang mungkin berada dalam hubungan yang penuh kekerasan. Memberikan dukungan dan membuka diri menjadi teman bercerita dapat menolong para korban kekerasan terutama pada perempuan yang sering kita jumpai. Bahkan Sahabat Fimela juga dapat menjadi sukarelawan dan membuat komunitas atau organisasi lain yang membantu para penyintas dan bekerja mencegah kekerasan.

Ajarkan kepada Anak Sedini Mungkin

Ajari anak sejak dini bahwa merekalah yang memutuskan siapa yang akan menyentuh mereka dan di mana. Pertimbangkan untuk mengajari mereka nama yang tepat untuk bagian tubuh mereka mereka di usia muda sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jelas tentang tubuh mereka. Ajari anak-anak bahwa itu adalah pilihan mereka apakah mereka ingin memeluk atau mencium orang lain, bahkan keluarga sekali pun.

Ajarkan Anak untuk Menghormati Orang Lain

Ajari anak untuk memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan. Bicaralah dengan anak tentang hubungan yang sehat dan pentingnya memperlakukan pasangan kencan mereka dan orang lain dengan hormat.

Ajari Mereka Menciptakan Penolakan

Bekerja untuk menciptakan budaya yang menilak kekerasan sebagai cara untuk menangani masalah. Melawan pesan yang mengatakan bahwa kekerasan atau penganiayaan terhadap perempuan diperbolehkan. Jangan melakukan kekerasan dan melecehkan diri sendiri.

Menjadi Aktivis

Berpartisipasilah dalam acara anti-kekerasan. Dukung layanan kekerasan dalam rumah tangga dan program pencegahan kekerasan dengan menyumbangkan waktu luangmu.

Menjadi Sukarelawan dalam Program Pemuda

Terlibat dalam program yang mengajarkan anak muda untuk memecahkan masalah tanpa kekerasan. Terlibat dalam program yang remaja tentang hubungan yang sehat dan maskulinitas dan feminitas yang sehat.

Tanyakan Kebijakan dan Program Anti Kekerasan di Tempat Kerja dan Sekolah

Di tempat kerja, tanyakan tentang kebijakan yang menangani masalah pelecehan seksual, misalnya. Di kampus, tanyakan tentang layanan pengantaran siswa ke asmara dengan aman di malam hari, kotak panggilan darurat di kampus, keamanan kampus, dan tindakan pengalaman lainnya. Tanyakan tentang program pelatihan intervensi pengamat yang mungkin terjadi di kampus atau di tempat kerja.

Pelajari lebih lanjut tentang program nasional untuk mengakhiri kekerasan seksual di komunitas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading