Sukses

Lifestyle

Bayar Utang atau Menabung? Simak Penjelasan Ahli Keuangan di Sini

Fimela.com, Jakarta Saat punya uang, mungkin kamu juga sering bertanya-tanya, lebih baik membayar utang atau menabung terlebih dahulu, benar? Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperjelas berapa banyak utang yang kamu miliki.

Ini membutuhkan lebih dari sekedar mengintip keseimbangan keuangan yang kamu miliki. Kamu juga perlu menghitung berapa banyak bunga utang yang harus dibayar.

Utang kartu kredit dapat memiliki tingkat bunga tahunan yang besar. Suku bunga yang tinggi dapat menambah jumlah utang secara signifikan atau mempersulit kamu untuk melakukan pembayaran, terutama jika kamu hanya melakukan pembayaran minimum dengan uang yang kamu miliki, seperti dilansir dari purewow.com.

 

 

Membayar utang dan menabung bisa dilakukan bersamaan

Jika kamu memiliki tingkat bunga yang wajar, kamu akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengalokasikan dana ke utang dan tabungan di saat yang bersamaan. Intinya, saat memutuskan apa yang harus diprioritaskan, melunasi utang berbunga tinggi harus selalu didahulukan.

Sekarang tujuanmu adalah melunasi utang yang ada secepat mungkin. Oleh karena itu, menabung dan berinvestasi sedikit pada waktu yang sama merupakan tindakan yang cerdas.

Saat kamu melunasi utang, kamu juga memiliki uang yang disisihkan dan terus bertambah banyak. Kamu juga harus mulai memprioritaskan membuat tabungan darurat.

Naikkan jumlah tabungan saat utang telah lunas

Saat utang lunas, kamu bisa meningkatkan jumlah tabungan dan investasi, memberi dirimu sendiri permulaan yang nyata untuk membangun kekayaan bersih, setelah tidak ada utang lagi. Lalu, bagaimana memprioritaskan utang dan menabung di masa pandemi seperti ini?

Pandemi tentu mengingatkan semua orang akan pentingnya memiliki tabungan. Pendekatannya harus bergantung pada bagaimana tahun ini mempengaruhimu secara pribadi.

Jika kamu kehilangan pekerjaan dan berjuang menutupi tagihan, pastikan kamu tidak ketinggalan pembayaran utang saat mencari pengganti pendapatan yang baru. Dengan kata lain, lakukan apapun yang kamu bisa untuk terus melakukan pembayaran minimum dari utang berbunga tinggi setiap bulannya. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Loading