Sukses

Lifestyle

Ketahui 4 Tips untuk Melindungi Diri dari Pelecehan Emosional

Fimela.com, Jakarta Biasanya, ketika berbicara tentang pelecehan, orang memikirkan tentang penganiayaan fisik dan jarang ada yang memikirkan jenis penganiayaan berbahaya lainnya, seperti penganiayaan emosional. Jeritan dan manipulasi tidak meninggalkan luka, memar, atau bekas luka yang terlihat. Berikut ini adalah cara yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk melindungi diri dari pelecehan emosional.

Tetap Menjadi Pintar untuk Tidak Tertipu

Seorang manipulator emosional akan melakukan apa saja untuk mengganggumu. Dia akan menyalahkanmu, dia akan membuatmu merasa seperti gila. Dia adalah seorang master dalam hal mengabaikan dan dengan demikian menyakitimu. Perilaku panas dan dingin ini membuatmu berada pada penuh emosional.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri sendiri adalah dengan tetap tenang. Jangan biarkan dia mempengaruhimu, jangan menunjukkan kepadanya bahwa hal itu mengganggumu dan setelah beberapa waktu, dia akan menyerah karena dirimu tidak bereaksi seperti yang dia inginkan.

Ketahui Bahwa Dirimu Tidak dapat Mengubahnya

Ini adalah kesalahan paling umum yang dilakukan perempuan dalam hubungan yang penuh kekerasan. Perasaanmu bercampur antara cinta dan benci karena pada awalnya, kamu sangat mencintainya, sampai dia menunjukkan sifat aslinya. Ketika dia menjadi orang yang ditakuti, dirimu mencoba mengubahnya karena pikiranmu tidak mau menerima kenyataan bahwa dia bukanlah orang yang pernah dirimu kenal.

Faktanya adalah, dia adalah dia dan akan selalu begitu, tetapi manipulasinya sangat bagus sehingga dirimu melewatkan fakta bahwa dia adalah orang yang manipulatif. Perilakunya yang beracun tidak akan pernah berubah karena dia tidak bisa berubah.

Tuliskan Hal-hal yang Dia Katakan

Dia bisa memutarbalikkan apa pun yang dirimu katakan. Tujuan utamanya adalah membuatmu terlihat seperti orang jahat dan menampilkan dirinya sebagai korban pelecehan, seseorang yang akan memaafkanmu atas perilakumu karena dia murah hati dengan cara itu. Padahal pada kenyataannya, dirimu adalah korban dari perilaku manipulatifnya. Tuliskan semuanya setelah dirimu berbicara dengannya.

Jangan Mengubah Diri Sendiri

Sahabat Fimela akan membuang energi jika mencoba mengubah diri sendiri. Dirimu mungkin berbohong kepada diri sendiri dan selama melakukan apa yang diinginkan pelaku kekerasan, dirimu akan baik-baik saja. Dirimu tidak akan dilecehkan tetapi akan sangat tidak bahagia. Jangan berubah hanya untuk menghindari konflik dengan pasangan.

Nah, dari beberapa poin di atas Sahabat Fimela perlu untuk berhati-hati dengan pasangan yang melecehkan dirimu. Mungkin ini tidak terlihat, tetapi Sahabat Fimela harus dapat mengindetifikasinya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading