Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Ini dapat Membantumu Menghindari dari Gangguan FOMO

Fimela.com, Jakarta FOMO (Fear of Missing Out) diartikan sebagai kegelisahan yang dialami seseorang karena melewatkan suatu peristiwa penting dan seringkali dipicu oleh melihat unggahan di media sosial. Dan untuk melawan kecemasan itu, mereka terus-menerus memeriksa unggahan orang lain di media sosial dan akhirnya membandingkan hidup mereka dengan orang lain.

FOMO cukup umum di kalangan milenial dan membuat orang merasa sedih, iri atau kesepian. Kita semua terkadang mengalami emosi seperti itu, tetapi ada saatnya kita harus mengevaluasi kondisi kita dan menghentikan diri sendiri. Berikut ini beberapa cara untuk mengontrol perilaku FOMO.

Buat Jurnal

Menulis jurnal membantumu dalam beberapa cara dan berdampak positif pada hidup. Tuliskan semua hal baik atau positif yang terjadi pada dirimu. Ini akan mengingatkan diri bahwa ada begitu banyak hal yang harus disyukuri. Ini juga akan membantumu untuk berpikir positif dan akan meredakan kecemasan. Dirimu hanya perlu 5 menit untuk melakukannya, jadi di penghujung hari, catat semua hal positif yang dirimu alami.

Hindari Membandingkan Diri

Dirimu perlu memahami bahwa setiap orang berbeda, kami memiliki tantangan dan tujuan berbeda dalam hidup. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama dengan selebritas dan influencer. Mengunggah gambar bahagia atau seru di media sosial tidak menjamin bahwa mereka benar-benar bahagia dan puas. Setiap orang memiliki masalah masing-masing.

Kurangi Waktu Menggunakan Media Sosial

Platform media sosial membantu menghubungkan kita dengan dunia, teman dan keluarga kita yang tinggal jauh dari kita, tetapi ada sisi negatifnya. Media sosial membawamu ke dunia yang tidak realistis, di mana dirimu mulai membandingkan hidup dengannya orang teman atau keluarga lainnya. Untuk menghilangkan perasaan ini, kurangi waktu untuk menggunakan media sosial. Menghabiskan waktu berlebihan untuk menggulir halaman media sosial, memicu berbagai jenis masalah kesehatan mental.

Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Beristirahatlah dari kesibukanmu dan jelajahi lingkunganmu. Selalu menyenangkan untuk keluar dan bertemu orang baru. Sesekali rencanakan perjalanan dengan teman-teman atau bersolo karier. Dekat dengan alam menenangkan pikiran dan membantu mengelola kecemasanmu. Dirimu bisa berjalan-jalan di sekitar rumah.

Kebanyakan orang menderita FOMO tetapi tidak menganggapnya sebagai masalah kesehatan mental yang sangat serius. Ini adalah kesalahan terbesar mereka. Ketahuilah bahwa ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan. Hidup dengan masalah seperti itu bisa berbahaya bagi Kesehatan dalam jangka panjang. Jadi cobalah untuk mencari bantuan untuk mengurangi perasaan ini.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Loading