Sukses

Lifestyle

4 Tips Menikmati Kesendirian Tanpa Merasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Jika selalu merasa bahwa dirimu membutuhkan pasangan untuk bahagia, mungkin sulit bagimu untuk benar-benar menikmati kehidupan single. Kamu tidak sendiri, banyak orang merasa kurang puas saat mereka tidak menjalin hubungan. Namun, kenyataannya adalah sangat penting untuk bahagia sendiri. Tidak hanya menguntungkan diri sendiri saat menjadi single, tetapi menjadi bahagia sendiri sebenarnya juga membuatmu lebih mudah bahagia dengan pasangan yang akan datang. Berikut ini adalah tips untuk membantumu menikmati kesendirian tanpa merasa kesepian tanpa kehadiran pasangan.

Fokus pada Kebebasan

Hal pertama yang harus dirimu sadari adalah bahwa menjadi single sebenarnya memiliki manfaat yang sangat baik, yakni mendapatkan kebebasan. Ini bisa menjadi pemikiran yang menakutkan bagi banyak orang. Jika dirimu berada dalam suatu hubungan sebelumnya yang memengaruhi semua keputusan besar, tiba-tiba memiliki dunia jalan tanpa batas yang terbuka lebar bisa terlalu melelahkan.

Cobalah untuk menghargai ini apa adanya. Lihatlah teman-temanmu yang menjalin hubungan dan perhatikan semua batasan yang sering mereka hadapi. Ketika dirimu berada dalam suatu hubungan, dirimu memiliki beban tidak hanya untuk memuaskan diri sendiri, tetapi juga harus menyenangkan orang lain. Sering kali, bagi orang yang tidak tahu bagaimana mengatakan "tidak", ini berubah menjadi situasi di mana mereka memberi terlalu banyak dari diri mereka sendiri dan tidak kurang.

Simpan Waktu untuk Dirimu Sendiri

Jika dirimu baru saja putus dari hubungan, mungkin ada kekosongan waktu dan tenaga di sana. Tahan keinginan untuk mengisinya dengan tugas-tugas acak yang melayani orang lain. Tampaknya aktivitas ini akan mengalihkan dirimu dari kesepian, tetapi sering kali aktivitas tersebut menghalangimu untuk mengatasi masalah inti.

Pertama dan terpenting, pertahankan waktu untuk diri sendiri. Belajarlah untuk bekerja dengan kekosongan itu dan isi dengan aktivitas yang memperkaya pengetahuanmu. Hanya dengan begitu dirimu dapat benar-benar melayani orang lain karena rasa berbagi dan bukan tugas atau gangguan.

Perluas Lingkaran Sosial

Sesuatu yang sangat penting untuk membuat hidup single menyenangkan adalah memiliki sistem pendukung yang baik. Ini tidak berarti bahwa dirimu harus mati-matian bergantung pada teman-temanmu, alih-alih pasangan romantis, itu hanya berarti bahwa dirimu akan memiliki sesorang untuk diajak bicara dan berbagi.

Seiring waktu, dirimu akan menyadari bahwa kesetiaan beberapa teman dekat sering kali lebih berarti daripada kekaguman dan kasih sayang dari seorang pasangan cinta. Itu berlangsung lebih lama juga. Jika dirimu  tidak memiliki banyak teman, menjadi single adalah saat yang tepat untuk memperluas lingkaran sosial tersebut, karena dirimu akan memiliki lebih banyak waktu luang tanpa pasangan.

Temukan Beberapa Hal yang Perlu Dipikirkan

Yang terpenting, untuk menikmati kesendirian, dirimu harus tahu bagaimana menyendiri dengan pikiran. Refleksi diri sangatlah penting, jika tidak ada yang lebih membuatmu takut selain duduk sendiri dengan diri sendiri, tanpa gangguan, seperti tidak ada TV, tidak ada telepon, dan tidak ada orang, maka ini bahkan lebih menjadi alasan untuk melakukannya. Bisa dibilang kita yang merasa sangat membutuhkan sesuatu, sebenarnya hanya ingin mengalihkan perhatian. Beberapa orang melakukannya dengan mengejar karier yang sangat mereka inginkan.

Belajarlah untuk duduk sendirian, meditasi, berjalan di alam bebas dan bahagia sendiri. Ini tidak hanya akan membantumu menjalani hidup dengan baik, tetapi juga akan membuatmu menjadi pasangan yang lebih baik jika suatu saat dirimu memiliki hubungan romantis dengan seseorang.

 

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Alasan Lajang di Usia 30an Menjadi Hal yang Terbaik
Artikel Selanjutnya
8 Kebiasaan Buruk Ini Sering Dilakukan Single Parent yang Dapat Mengganggu Kesehatan Mental