Sukses

Lifestyle

7 Ciri-ciri dan Pengertian Psikopat yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Psikopat adalah sebuah kepribadian palsu, yang digunakan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Psikopat sering kali disamakan dengan pembunuh berdarah dingin.

Seorang psikopat juga sering disebut dengan pelaku pemerkosaan, seseorang yang senang menyiksa orang lain dan seseorang yang memiliki karakter yang jahat. Karena sifat yang sering ditunjukkan adalah sifat sensitif, kasar, manipulatif, suka mencari sensasi dan antisosial.

Seseorang yang memiliki gangguan psikis ini, bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal yang diinginkan, walaupun perbuatannya bisa merugikan orang lain.

Sebenarnya psikopat adalah gangguan kepribadian atau kelainan psikis pada seseorang, yang harus segera ditolong oleh ahli. Agar seseorang yang psikisnya terganggu, bisa segera ditangani ahli dan tidak membahayakan orang lain. Berikut pengertian psikopat dan ciri-ciri psikopat, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian Psikopat

Menurut ilmu kedokteran, psikopat adalah suatu gangguan kepribadian, yang biasanya ditandai dengan munculnya sifat yang tidak sensitif, senang memanipulatif orang lain, kasar dan antisosial.

Seseorang yang mengalami gangguan psikis ini, tidak selalu mengurung diri atau terlihat tidak normal. Beberapa orang yang memiliki kelainan psikis ini, juga memiliki kehidupan yang normal bahkan memiliki karir yang sukses.

Walaupun seorang psikopat memiliki sifat dan hati yang dingin, tetapi psikopat memiliki penampilan yang menarik, otak yang pandai dan sangat rajin.

Psikopat bisa melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal yang diinginkan, sehingga saat akan melakukan sesuatu, psikopat akan memikirkan gerak geriknya terlebih dulu.

Ciri-Ciri Psikopat

Menurut sebuah penelitian, 5 persen populasi manusia di dunia, cenderung memiliki kepribadian sebagai seorang psikopat, baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

Saat seorang psikopat ditunjukkan gambar kekerasan fisik, biasanya orang tersebut akan merespon dengan perasaan yang gembira. Berikut ciri-ciri psikopat yang harus diketahui:

Memiliki Niat yang Sadis

Seseorang yang memiliki gangguan psikis berupa psikopat, akan mengaruhi orang lain dengan kata-kata yang sadis, agar timbul perasaan yang menakutkan, untuk menghancurkan pikiran orang lain.

Pintar Berbicara dan Menarik

Psikopat sangat pintar untuk berbicara. Setiap kalimat yang diucapkan bisa membuat orang lain yakin, dengan penampilan dan gaya bicaranya yang bisa menarik orang.

Suka Berbohong

Seorang psikopat sangat suka berbohong. Bahkan ia sangat pintar untuk memutar balikkan fakta, dengan kata-kata yang ia gunakan. Jika kebohongan yang ia lakukan itu ketahuan orang lain, psikopat tidak akan takut dan akan membuat kebohongan yang lainnya.

Ciri-Ciri Psikopat yang Lainnya

Bersifat Manipulatif

Seorang psikopat selalu berusaha keras agar mendapatkan segala hal yang dia inginkan. Sehingga psikopat memiliki sifat yang gemar memanipulatif orang lain, yang suka mengkambing hitamkan orang lain dan menyalahkan orang lain, agar dia tetap menjadi orang nomer satu.

Memiliki Masa Lalu Kelam

Gangguan psikis yang dialami psikopat, bisa disebabkan karena ia memiliki masa lalu yang kelam, seperti melakukan kebohongan, pencurian, vandalisme, narkoba hingga melakukan tindakan pemerkosaan yang sudah ia lakukan sejak kecil.

Tidak Merasakan Emosi

Seorang psikopat memiliki sifat yang dingin, sehingga ia tidak bisa merasakan emosi apapun. Tetapi ia bisa memanipulasi orang lain, dengan menunjukan emosi yang palsu, demi mendapatkan perhatian dari orang lain.

Suka Bertindak Kekerasan

Ciri-ciri terakhir psikopat adalah suka bertindak kekerasan. Ia tidak takut untuk memukuli orang lain, melukai orang lain, membuat orang lain menangis, bahkan ia bisa membunuh orang lain, tanpa adanya penyesalan terhadap perbuatannya.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sisi Pencemburu dari Pria dengan Zodiak Libra
Artikel Selanjutnya
4 Zodiak Ini akan Jalani Cinta Mingguan Terburuk Minggu Ini