Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Batasan Pribadi yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Bagaimana hidup Sahabat Fimela akan berubah jika dirimu mampu mempertahankan batasan pribadi? Ini termasuk mencegah orang melangkahi ruang pribadimu, serta tetap berpegang pada batasan pribadi yang dirimu tetapkan untuk diri sendiri nanti. Kesadaran diri, nilai, dan ketegasan adalah kualitas yang berperan dalam mempertahankan batasan yang kuat. Tentunya setiap orang memiliki ruang pribadi dalam diri mereka. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat membantu Sahabat Fimela dalam membuat batasan pribadi.

Identifikasi Batasan

Tidak mungkin untuk mulai menetapkan batasan pribadi ketika dirimu bahkan tidak tahu apa batasan itu. Inilah sebabnya mengapa titik awal bagi siapa pun yang merasa membutuhkan lebih banyak/ lebih sedikit batasan adalah mengidentifikasi di mana mereka saat ini berdiri.

Setiap orang memiliki titik awal yang berbeda dalam hal batasan pribadi mereka, dan batasan tersebut pasti akan berubah seiring waktu. Namun, hal pertama yang harus dirimu lakukan adalah menemukan titik awal pada dirimu.

Tentukan Nilai Dirimu

Salah satu cara terbaik untuk mengidentifikasi batasanmu dan bagaimana dirimu ingin mereka berubah adalah dengan menentukan apa nilai-nilaimu dalam hidup. Jika dirimu menghargai kebebasan berkreasi dan waktu berpikir, pertimbangkan untuk menempatkan batasan yang kuat di sekitar ruang pribadi dan waktu luangmu.

Jika dirimu lebih menghargai hal-hal kecil dalam hidup daripada hal-hal besar, mungkin pertimbangkan untuk sedikit melonggarkan batasanmu. Jika dirimu menghargai diri sendiri atau ingin mulai menghargai diri sendiri lebih tinggi, mulailah menempatkan batasan yang lebih tegas tentang cara orang berbicara dan memperlakukan dirimu.

Mulai Sederhana

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, keterampilan apa pun dalam hidup tidak hanya membutuhkan latihan untuk mencapai tingkat yang diinginkan, tetapi juga tinjauan dan pemeliharaan rutin untuk memastikan bahwa keterampilan tidak hilang. Menetapkan batasan pribadi tidak berbeda.

Menetapkan batasan dengan diri sendiri dan rutinitasmu sama pentingnya dengan menetapkan batasan dengan orang lain. Satu-satunya cara untuk memulai dalam kedua hal ini adalah memulai dengan yang sederhana.

Belajar Mengatakan Tidak

Mungkin batu sandungan terbesar yang dimiliki orang-orang yang berjuang dengan menetapkan batasan pribadi adalah mereka merasa sangat sulit untuk mengatakan tidak. Dirimu mungkin merasa tidak mungkin untuk mengatakan tidak pada pertemuan sosial karena Fear of Missing Out (FOMO). Alasan kebanyakan orang menghadapi penolakan untuk mengatakan tidak adalah karena mereka khawatir tentang bagaimana perasaan orang lain itu akan membuat orang lain merasa.

Memiliki batasan pribadi itu memanglah penting dan perlu dilakukan. Ini semua dilakukan untuk menghargai diri sendiri.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading