Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan agar Cinta Tak Pudar

Fimela.com, Jakarta "Aku bosan sama pasanganku, apa ini tandanya aku sudah tidak cinta lagi?" "Rasanya hubungan ini terasa makin hambar, apa ini waktunya untuk mengakhirinya?" Munculnya rasa bosan dalam hubungan memang bisa cukup mengganggu. Namun, rasa bosan sebenarnya adalah hal yang wajar.

Melansir laman talkspace.com, seorang terapis bernama Cynthia Catchings, LCSW-S mengatakan bahwa rasa bosan itu hal yang normal. Sebab kita tak bisa selalu bahagia dan bersenang-senang setiap saat. Tidak setiap waktu kita bisa aktif dan menikmati setiap momen dengan pasangan. Merasa bosan dalam hubungan tidak serta merta kita telah salah memilih pasangan. Coba atasi rasa bosan yang muncul dengan cara-cara berikut ini.

1. Menghadirkan Jeda untuk Berjarak

Bukan maksudnya saling marah dan menjauh. Melainkan berupaya untuk mengambil jeda untuk berjarak, melakukan sesuatu sendirian. Mungkin bisa saling memberi ruang untuk menikmati hobi masing-masing. Membuat kesepakatan untuk menghabiskan waktu satu hari misalnya, untuk melakukan sesuatu sesuai dengan minat masing-masing. Saat sudah meluangkan waktu sendiri-sendiri, nantinya akan ada kehangatan baru yang dirasakan saat kembali bersama.

2. Melakukan Sesuatu dengan Cara Baru

Sebagai contoh, kalau biasanya selalu menonton film dengan pergi ke bioskop, coba untuk bersantai menonton film dari rumah saja. Atur ruangan senyaman mungkin, seperti menata sofa dan menyediakan popcorn untuk dinikmati saat menonton film melalui televisi. Sedikit variasi dalam melakukan sesuatu yang sering dilakukan bisa menghadirkan keseruan baru. Hal ini pun bisa membuat hubungan jadi terasa lebih hangat. 

3. Berkomunikasi dengan Lebih Terbuka

Tak ada salahnya untuk mencoba jujur pada pasangan saat merasa bosan. Tapi bukan berarti langsung marah-marah atau menyalahkan pasangan. Melainkan komunikasikan perasaan yang sedang dirasa dengan lebih jujur dan terbuka. Tak perlu memendamnya seorang diri atau malah membuat prasangka yang tak perlu. Biasanya dengan komunikasi yang lebih terbuka, akan ditemukan solusi yang lebih baik. Siapa tahu pasanganmu punya solusi yang selama ini kamu cari, ya kan?

4. Meningkatkan Kualitas Kebersamaan

Bila sudah berumah tangga dan punya anak, mungkin bisa menitipkan anak sebentar ke orangtua sementara kita bisa menjadwalkan waktu kencan dengan suami. Bisa jadi rasa bosan itu muncul karena terlalu lelah dengan banyak hal. Meluangkan waktu khusus untuk berduaan dengan suami bisa menghadirkan perasaan nyaman. Meningkatkan kualitas kebersamaan ini pun bisa dilakukan dengan banyak cara, bahkan sekadar memasak makan malam bersama untuk dinikmati berdua saja di rumah bisa cukup efektif untuk mengatasi rasa bosan.

Semoga hubunganmu dengan pasanganmu bisa tetap terjaga dengan baik, ya. Menjaga cinta memang butuh upaya yang berkesinambungan. Rasa bosan bisa hadir sebagai sinyal ada hal baru yang perlu dilakukan bersama pasangan.

#ElevateWomen

;
Loading