Sukses

Lifestyle

4 Tanda Bahaya Hubungan Mulai ke Arah yang Tidak Sehat

Fimela.com, Jakarta Kita sering mendengar bahaya berada dalam toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat. Saat sudah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, biasanya sulit untuk bisa keluar dari situasi itu. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tanda-tanda awal hubungan yang mulai ke arah yang tidak sehat sedini mungkin.

Jika ada hal-hal seperti ini terjadi atau kamu alami dalam hubunganmu, ada baiknya untuk mulai lebih berhati-hati. Jangan sampai nanti nasi telanjur menjadi bubur. Jangan sampai nanti kebahagiaanmu terenggut karena berada dalam hubungan yang tidak sehat.

1. Pasangan Melakukan Kekerasan

Baik kekerasan verbal maupun kekerasan fisik tak bisa ditoleransi sekalipun dengan alasan cinta. Bila pasanganmu mulai melakukan kekerasan, ada baiknya untuk segera mengambil jarak dan tegas. Tindak kekerasan bisa berulang kembali meski pelaku sudah mengatakan maaf. Ketika pasanganmu melakukan kekerasan, jangan memakluminya begitu saja. Bagaimana pun, kamu punya hak untuk diperlakukan dengan baik, termasuk diperlakukan oleh orang yang kamu cintai.

2. Pasangan Cemburu Berlebihan

Saat pasangan sangat pencemburu dan posesif, coba pertimbangkan lagi apakah dia masih layak untuk dipertahankan. Cemburu mungkin bisa jadi tanda cinta. Tapi kalau cemburu sudah berlebihan sampai sudah tidak masuk akal lagi, maka itu bisa membuat hubungan jadi tidak sehat. Kepercayaan sangatlah penting dalam sebuah hubungan. Jika pasanganmu pencemburu berat dan sering menuduhmu atas hal-hal yang sebenarnya tak kamu lakukan, maka ini sinyal penting untuk membuatmu kembali mempertimbangkan untuk melanjutkan hubungan atau tidak.

3. Pasanganmu Terus Membandingkanmu dengan Perempuan Lain

Bedakan antara pasangan yang membantumu menjadi sosok yang lebih baik dengan yang merendahkan harga dirimu. Kalau pasanganmu selalu membandingkanmu dengan perempuan lain, entah dengan mantan kekasihnya atau perempuan kenalannya, jangan biarkan itu membuatmu merasa rendah diri. Apalagi kalau perlakuannya dalam membanding-bandingkanmu disertai dengan mengungkit kekuranganmu, penting untuk mulai tegas menghadapinya. Pasangan yang baik akan menerimamu seutuhnya dan membantumu untuk bisa jadi sosok yang lebih baik, bukan malah meracunimu dengan perbandingan-perbandingan yang tidak sehat.

4. Pasanganmu Terus Mengingkari Janji

Dia yang membuat janji, tapi dia juga yang mengingkari. Bahkan dia sering membuat janji manis yang penuh kebohongan. Jika dia selalu mengingkari janjinya sendiri, maka sulit untuk mempercayainya agar bisa menjaga komitmen hubungan bersamamu. Cinta tak cukup hanya dengan janji yang manis di mulut saja. Perlu pembuktian dan keseriusan dalam menepati setiap janji yang diutarakan.

Semoga hubunganmu terhindar dari hal-hal yang buruk, ya. Penting untuk mewaspadai tanda-tanda ini supaya tidak sampai terjebak dalam toxic relationship.

#ElevateWomen

Loading