Sukses

Lifestyle

5 Cara Merencanakan Perayaan Tahun Baru Imlek Secara Virtual

Fimela.com, Jakarta Imlek tahun 2021, masih berlangsung dalam kondisi pandemi dan sama seperti tahun lalu yang sebaiknya dilakukan secara virtual. Hal ini dikarenakan angka kejadian Covid-19 yang masih terus meningkat. 

Hal ini membuat banyak keluarga berusaha menemukan cara untuk menyesuaikan perayaan keluarga tradisional mereka menjadi sesuatu yang lebih aman, lebih intim, dan tetap menjaga jarak sosial.

Tapi tak perlu risau, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar perasaan Imlek tetap terasa di rumahmu, melansir Forbes.

1.  Dekorasi

Dekorasi menjadi hal yang penting dilakukan ketika Tahun Baru Imlek. Ajak keluarga di rumah untuk melakukan dekor bersama, mulai dari penataan meja makan, simbol-simbol khas Imlek. Tentu hal ini membuat suasana rumah menjadi menyenangkan ketika Imlek.

“Jika tidak bisa keluar untuk membeli barang-barang tertentu atau tidak bisa datang ke rumah keluarga, kami dapat dengan mudah membuat sendiri lampion kertas atau kue keberuntungan!"  kata Casey Martinez, spesialis Evite Party.

Dedikasikan waktu selama perayaan virtual untuk berbagi keberuntunganmu.

2. Latar Belakang Virtual Tahun Baru Imlek

Ketika tidak bisa bertemu dengan keluarga jauh atau teman bisa memanfaatkan teknologi online meeting atau video call untuk merayakan Imlek bersama-sama. Agar lebih terasa nuasanya Imlek, sahabat Fimela dapat membuat latar belakang virtual call.

"Keluarga memilih latar belakang virtual terlebih dahulu dan setiap anggota keluarga menetapkan latar belakang sebagai latar belakang untuk panggilan tersebut, yang dapat membuat semua orang yang hadir merasa seperti mereka bersama," kata Courtney Ajinca, acara selebriti yang berbasis di Charlotte, Carolina Utara. 

3. Penataan meja makan 

Anak-anak pasti senang ikut menyiapkan dekor Imlek, salah satunya menyiapkan makanan di atas meja. Bisa sajikan buah jeruk atau makanan khas Imlek lainnya."Nantinya, jeruk keprok bisa ditukarkan kepada anggota keluarga di rumah dan dimakan bersama karena melambangkan kekayaan dan keberuntungan," kata Martinez.

Selain itu, di atas meja bisa disimpan panjangan anggrek. Atur pajangan tersebut di bagian tengah di meja makan."Bunga Tahun Baru Imlek yang paling populer, anggrek, melambangkan kelimpahan, kemewahan dan kehalusan," kata Martinez. 

Jangan lupa yang paling ditunggu-tunggu, yaitu amplop merah biasanya diisi dengan uang dan diberikan kepada anak-anak atau orang dewasa yang belum menikah. 

“Tahun ini amplop merah bisa diganti dengan mengirim kartu digital di mana dapat mengunggah video yang berisikan keinginan dan harapan yang baik atau bisa juga mengirimkan voucer belanja,” kata Martinez.

4. Hadiah

Sahabat Fimela mungkin tidak dapat bertukar hadiah secara langsung, tetapi masih ada cara lain untuk berbagi hadiah. Manfaatkan layanan antar untuk mengirimkan hadiah kepada keluarga jauh dan teman. 

"Untuk perayaan Tahun Baru Imlek virtual, kirimkan orang terkasih kotak hadiah dengan isian seperti pakaian merah, hiasan keberuntungan dan lisee (amplop merah) atau camilan khas Imlek," kata Jamie Chang, Pemilik dan Perencana Acara untuk Acara Mango Muse. 

Cara ini akan membuat semua orang dalam suasana pesta dan memastikan keberuntungan datang. 

5. Memasak makanan khas Imlek

Makanan menjadi hal yang tak terpisahkan dari perayaan Imlek. Sahabat Fimela dapat memasak makakan khas Imlek untuk keluarga di rumah. Jika belum bisa, masih ada waktu untukmu belajar memasak, manfaatkan kelas virtual memasak atau platform lainnya.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading