Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Keutuhan Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Katanya tak ada pernikahan yang sempurna. Setiap pernikahan punya tantangan dan kesulitannya masing-masing. Ini juga yang jadi alasan kenapa menjaga cinta bisa lebih berat daripada saat pertama kali saling jatuh cinta.

Penting untuk menghindari sejumlah hal dalam menjaga keutuhan pernikahan. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang sebaiknya dihindari agar pernikahan tidak hancur berantakan. 

1. Saling Kritik Berkepanjangan

Dalam pernikahan pasti akan ada banyak hal yang perlu penyesuaian. Ada banyak hal yang perlu dikompromikan. Perbedaan pendapat dan sudut pandang pun bisa memicu perdebatan. Yang lebih berbahaya adalah ketika saling mengkritik tak berkesudahan. Saling kritik berkepanjangan hanya akan menambah rasa tidak nyaman satu sama lain. Apalagi jika sampai saling menyalahkan tanpa introspeksi diri, maka permasalahan bisa makin besar.

2. Melupakan Kata-Kata Penting

Kata-kata seperti "terima kasih", "tolong", "maaf", hingga "aku mencintaimu" jangan sampai dilupakan. Melupakan kata-kata penting itu bisa merusak keharmonisan hubungan pernikahan. Penting untuk saling respek dan peduli satu sama lain dengan menggunakan kata-kata yang positif. Bila dalam berkomunikasi sederhana sudah jauh dari kata-kata penting ini, maka ke depannya bisa makin kesulitan untuk mengatasi masalah atau persoalan bersama.

 

3. Selalu Melibatkan Pihak Ketiga dalam Menyelesaikan Masalah

Ada baiknya kalau ada masalah dengan pasangan, coba selesaikan dengan duduk bersama berdua cari jalan keluar terbaik. Kalau setiap kali ada masalah, langsung "lari" ke keluarga, teman, dan pihak ketiga lainnya, maka akan sulit untuk membangun dan menjaga kepercayaan. Pernikahan adalah perjalanan yang panjang. Jadi, jika ingin bertahan dalam jangka panjang, perlu pemahaman yang dalam soal pentingnya menyelesaikan setiap masalah yang ada secara bersama-sama.

4. Terlalu Tertutup

Terlalu banyak rahasia yang disimpan sendiri-sendiri. Seperti dalam hal penghasilan atau finansial, saat tidak terbuka satu sama lain, maka ini bisa jadi bom waktu yang menimbulkan masalah yang lebih besar ke depannya. Berkomunikasi dengan cara terbuka sangatlah penting untuk menjaga kehangatan rumah tangga.

Semoga kita bisa menghindari hal-hal di atas, ya. Semoga ke depannya kita bisa membangun hubungan pernikahan yang senantiasa harmonis dan langgeng.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading