Sukses

Lifestyle

Cuddling Tak Harus dengan Pasangan, Ini 4 Manfaat Memeluk Hewan atau Boneka Kesayangan

Fimela.com, Jakarta Cuddling atau berpelukan erat dengan dekapan bisa menghadirkan rasa nyaman. Bagi yang sudah menikah, cuddling bisa meningkatkan kedekatan dan keintiman hubungan suami istri. Tapi manfaat cuddling tak hanya sebatas pada yang sudah punya pasangan. Yang masih lajang pun bisa mendapatkan manfaat cuddling.

Memeluk erat hewan peliharaan atau boneka kesayangan juga bisa memberi manfaat tersendiri. Melansir laman wellandgood.com, cuddling menstimulasi produksi hormon tertentu, seperti oksitosin, dan neurotransmitter di otak yang berdampak positif pada tubuh. Dana Dorfman, Ph.D., seorang psikoterapis mengatakan bahwa oksitosin menjangkau seluruh tubuh dan meningkatkan empati dan hubungan manusia. Oksitosin juga punya peran penting dalam meningkatkan serotonin dan dopamin dalam tubuh, yang efeknya bisa meningkatkan rasa percaya diri juga.

1. Meningkatkan Rasa Nyaman dan Tenang

Dr. Dorfman menjelaskan bahwa kehangatan dan kenyamanan fisik yang didapat dari hewan peliharaan bisa memberikan manfaat fisiologis seperti memeluk manusia. "Meski boneka dan selimut tebal tidak bisa menjadi pengganti hubungan manusia, semua itu bisa merangsang aktivitas otak yang mirip, seperti perasaan cinta, keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan," papar Dr. Dorfman.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Nyenyak

Jika ingin tidur yang lebih nyenyak, cobalah untuk memeluk atau mendekap sesuatu sebelum tidur. Cara ini bisa bantu menurunkan kortisol dan meningkatkan oksitosin. Dengan kata lain, bisa bantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa rileks. Memiliki kadar oksitosin yang tinggi juga bisa menurunkan risiko mengalami mimpi buruk saat tidur.

 

3. Menurunkan Stres

Cuddling tak hanya memengaruhi kadar hormon oksitosin, tetapi juga hormon serotonin. Meningkatkanya hormon serotonin bisa menghadirkan perasaan bahagia dan senang. Ketika sedang sangat stres atau tertekan, memeluk atau mendekap hewan peliharaan atau boneka dengan erat bisa bantu menenangkan hati.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Semakin sering cuddling, semakin tinggi produksi serotonin dalam tubuh, dan semakin tinggi serotonin yang diproduksi, semakin baik kemampuan tubuh untuk mencerna dan memproses makanan. Dr. Dorfman karena serotonin disimpan di usus, maka berpengaruh secara signifikan terhadap fungsi pencernaan, rasa lapar, dan rasa kenyang. Ini juga yang jadi alasan kenapa saat stres kadang kita kehilangan nafsu makan. Tapi yang perlu diketahui adalah cuddling bukan "obat" untuk mengatasi masalah pencernaan, ya. Kalau mengalami gangguan pencernaan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

Yang lajang atau yang belum punya pasangan pun masih bisa mendapat manfaat cuddling yang baik untuk kondisi tubuh dan pikiran. Semoga info di atas bermanfaat, ya.

 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahayanya Menggantungkan Kebahagiaan pada Perhatian Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Pura-Pura Bahagia Justru Membuat Hidup Menderita