Sukses

Lifestyle

Saat Jarak Mengikis Rasa, Mungkin Ada Hati yang Berubah

Fimela.com, Jakarta Kondisi dan situasi yang dihadapi setiap pasangan berbeda-beda. Ada yang bisa tetap saling berdekatan. Namun, ada juga yang harus terpaksa menjalan hubungan jarak jauh, dan ujian terbesar dalam hal ini umumnya adalah jarak.

Terpisah jarak dan tak bisa setiap waktu bertemu, membuat pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh perlu berupaya ekstra keras untuk menjaga hubungan. Komunikasi perlu dilakukan dengan rutin. Komitmen dan kepercayaan perlu dibangun dengan kuat. Tapi kadang seiring waktu berjalan, jarak seakan mengikis rasa. Ada sesuatu yang mulai terasa berbeda.

Hati yang Berubah

Distance can never break a relationship that has a strong foundation of love, trust, and loyalty. (lovequotesmessages)

Cinta, kepercayaan, dan kesetiaan menjadi landasan untuk menjaga keutuhan hubungan saat terpisah oleh jarak. Bisa jadi bila satu dari tiga hal tersebut mulai berubah, maka hubungan pun akan berubah. Saat tak ada lagi kesetiaan, hubungan seakan sudah tidak penting untuk dipertahankan. Saat kepercayaan sudah menghilang, kenyamanan hubungan pun sirna. Ketika cinta sudah tak terasa sama lagi, hubungan akan terasa seakan ada yang salah. Perubahan yang terjadi memang perlu dikomunikasikan langsung. Langsung dalam artian bertemu dan membahas berbagai hal yang mengganjal di dalam hati bersama-sama.

Hubungan Jarak Jauh Tetap Punya Peluang untuk Bertahan Lama

“I don’t cry because we’ve been separated by distance, and for a matter of years. Why? Because for as long as we share the same sky and breathe the same air, we’re still together.” ― Donna Lynn Hope

Melansir laman nypost.com, ada sebuah survei tahun 2018 yang menemukan bahwa 60% hubungan jarak jauh berhasil langgeng. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan jarak jauh tetap punya peluang untuk bertahan lama. Tentu saja untuk bisa mempertahankannya butuh usaha yang tidak sedikit. Semakin lama hubungan jarak jauh dijalin, bisa jadi semakin besar upaya yang perlu dikerahkan untuk mempertahankannya.

Menata Kembali Rencana Bersama

“Distance sometimes lets you know who is worth keeping, and who is worth letting go.” ― Lana Del Rey

Saat ada perasaan atau hati yang seakan berubah, sepertinya penting untuk kembali membahas rencana bersama. Membahas kembali tujuan yang ingin digapai bersama. Bahkan mungkin perlu membuat keputusan baru: apakah hubungan masih dipertahankan atau sebaiknya dilepaskan?

Membahas perkara hati dan perasaan memang bisa lebih rumit dari yang kita kira. Semoga bagi yang saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh, apa pun pilihan dan keputusan yang dibuat bisa memberikan kebahagiaan pada diri masing-masing.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Takut Bakal Putus di Tengah Jalan? Ini 6 Permasalahan yang Sering Dihadapi Pasangan LDR
Artikel Selanjutnya
8 Alasan Mengapa LDR Bisa Membuat Hubungan Semakin Kuat