Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Minum Kopi Sekali Sepekan Bisa Mencegah Ini

Fimela.com, Jakarta Ada kabar gembira untuk para penikmat kopi. Minum kopi secara teratur bisa bantu turunkan risiko kematian dini, khususnya pada para penyintas serangan jantung. Orang dewasa yang sehat pun bisa mendapat manfaat dari minum kopi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sekali sepekan pun bisa bantu mencegah risiko kematian dini. Melansir laman Insider, orang-orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi setiap pekan berisiko 14% lebih rendah mengalami kematian. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan tanggal 4 Februari 2021 di Stroke, jurnal American Heart Association.

Para peneliti dari Osaka University, Universitiy of Tsukuba, dan Hokkaido Universtity di Jepang memeriksa data dari sedikitnya 46.000 orang Jepang dewasa, melacak kebiasaan minum teh dan kopi serta dampaknya pada kesehatan mereka. Mereka yang minum minimal satu cangkir kopi setiap pekan berisiko 14% lebih rendah mengalami kematian dan bagi para penyintas serangan jantung dampaknya lebih besar, yaitu mengurangi risiko kematian dini sebanyak 22%.

Kelompok yang tampaknya tidak mendapat manfaat dari minum kopi adalah orang-orang yang punya riwayat stroke. Para peneliti menemukan mereka mendapat lebih banyak manfaat dari minum banyak teh hijau, setidaknya tujuh cangkir per hari mengurangi risiko kematian dini mereka sebanyak 62%. Sementara pada orang-orang yang tak memiliki riwayat stroke, teh hijau tampaknya tidak memberi banyak perbedaan pada kesehatan.

Kopi tanpa Susu dan Gula

"Cara paling sehat untuk menyiapkan minuman ini adalah tanpa tambahan gula yang tidak penting," papar Dr. Hiroyasu Iso, penulis bersama penelitian tersebut dan profesor kesehatan publik di Osaka University melalui sebuah rilis media.

Hasil penelitian tersebut berdasarkan pengamatan. Jadi, hanya minum teh atau kopi saja bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Faktor utamanya adalah kopi dan teh yang dikonsumsi tidak diberi tambahan gula atau susu di Jepang. Hal inilah yang memberi manfaat terbesar pada orang-orang yang meminumnya.

Kopi kaya akan nutrisi sehat dengan kadar antioksidan yang tinggi yang dapat menurunkan inflamasi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selama dikonsumsi dalam kadar cukup, minum kopi bisa memberi dampak positif pada kesehatan tubuh.

#ElevateWomen

Loading