Sukses

Lifestyle

Tips Membangun Bisnis yang Menyenangkan Bersama Pasangan

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang menjalankan bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak yang menganggap bisnis adalah sesuatu yang rumit. Namun, siapa sangka berbisnis bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Arif dan Tipang.

Arief dan Tipang adalah pasangan yang sudah menjalankan bisnis sejak mereka pacaran. Dimulai dari bisnis clothing yang diberi merek BONO. Awalnya Arief dan Tipang memiliki keterbatasan modal sehingga mereka berdua bahu-membahu memasarkan produk jualan mereka sendiri pada 2013. Terbiasa menjalani bisnis bersama sejak masa pacaran, ternyata tak membuat mereka terhindari dari masalah ataupun percekcokan satu sama lain.

 

Kini saat mereka menjadi suami istri bisnis bersama pasangan pun menemukan beberapa kendala. Dalam Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi ke-2 pada Sabtu, 27 Februari kemarin mereka memberikan tips untuk pasangan yang sedang menjalankan bisnis bersama:

Pertama, mempersiapkan mental adalah hal yang penting di mana harus bisa professional antara masalah pekerjaan dan urusan rumah tangga.

Tentunya Tipang dan Arief melakukan hal ini dengan membatasi antara jam kerja dengan urusan rumah tangga. Ketika jam kerja tentunya mereka harus secara professional menjadi partner bisnis dan ketika waktunya untuk urusan keluarga mereka quality time bersama.

Kedua, memisahkan financial untuk bisnis dan untuk kebutuhan keluarga. Agar tidak menimbulkan permasalahan tentu harus ada yang dapat berperan untuk menyeimbangkan atau membagi mana dana untuk bisnis dan mana dana untuk kebutuhan keluarga.

Ketiga, pada dasarnya tidak semua pasangan dapat menjadi kompak untuk memulai bisnis bersama dan menjadi keluarga. Kenali dahulu pribadi pasangan masing-masing apakah pribadinya bisa memisahkan antara urusan keluarga dengan urusan pekerjaan.

Keempat, tidak melupakan kodrat antara satu sama lain. Tentu saja Tipang menjelaskan bahwa dirinya merupakan seorang istri yang memang kodratnya.

Tips Keuangan dari Bereyn Mochaddin

Berbicara mengenai mimpi keluarga tidak luput dari pembahasan terkait financial. Seperti halnya mimpi Arief dan Tipang yang ingin berlibur bersama dengan sang anak yang saat ini masih terkendala pandemi tentu membutuhkan kesiapan dari segi keuangan.

Nah, seberapa penting financial planning dalam sebuah keluarga dan bagaimana mempersiapkannya untuk mewujudkan mimpi keluarga?

Menurut Bareyn sendiri financial planning dalam sebuah keluarga itu sangat penting, pasangan suami dan istri harus mengetahui keinginan atau visi satu sama lain dan mengenal karakter masing-masing agar dapat memaksimalkan financial planning keluarga tersebut. Idealnya membuat catatan pengeluaran dan mencocokkan dengan pendapatan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Tentunya melalui aplikasi OCTO Clicks dengan fitur Financial check-up di mana kalian tidak hanya mencacat pengeluaran saja tetapi juga dapat memonitor keuangan mulai dari my assets, my cashflow, my goals untuk mengawasi pengeluaran dan mencocokkan dengan pendapatan penting dilakukan agar dapat dilakukan pembagian untuk dana kebutuhan rumah tangga, dana investasi dan dana kebutuhan bayar cicilan, dana kebutuhan anak termasuk dana darurat.

Dana darurat tentu dibutuhkan untuk pengeluaran yang sifatnya tak terduga sedangkan dana investasi dapat digunakan misalnya untuk dana Pendidikan kuliah anak yang jangka waktunya masih panjang. Berbicara mengenai investasi saat ini aplikasi OCTO Clicks menyediakan fitur investasi mulai dari jual/beli reksadana, obligasi, valuta asing, dan juga buka deposito.

Bagaimana, menarik bukan?

#elevatewomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading