Sukses

Lifestyle

Studi: Masyarakat Indonesia Tingkatkan Penggunaan Pembayaran Nirsentuh

Fimela.com, Jakarta Metode pembayaran nirsentuh muncul sebagai solusi penting bagi konsumen di Indonesia untuk bertransaksi dengan cara yang lebih mudah, praktis, dan aman. UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 mengungkapkan, konsumen di Indonesia lebih senang menggunakan metode pembayaran antara sesama konsumen atau peer-to-peer, QR Code, dan internet banking berbasis seluler. 

Studi UOB 3 juga menemukan bahwa preferensi pembayaran digital berbeda antar generasi. Sebanyak 70 persen Gen-Y Indonesia yang disurvei lebih menyukai layanan pembayaran peer-to-peer, sementara 77 persen konsumen Gen-Z lebih memilih pembayaran sistem QR (QRIS). Sedangkan preferensi utama dari generasi Baby Boomers adalah layanan internet banking berbasisseluler (sebesar 69 persen).

 

“Pandemi COVID-19 telah mempercepat digitalisasi di sebagian besar aspekkehidupan kita. Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang memperhatikan keamanan dankemudahan pembayaran digital melalui ponsel mereka, kami berharap permintaan layanan berbasisseluler akan terus tumbuh dan mendorong tujuan Indonesia untuk mewujudkan cashless society," jelas Khoo Chock Seang, Head of Personal Financial Services and Digital Bank, UOB Indonesia. 

Menurutnya, pembayaran non-tunai membuat pembayaran menjadi lebih mudah dan aman. Hal ini membantu menjawab kebutuhan lebih dari sembilan puluh persen respondendalam survei kami yang mengatakan bahwa mereka menginginkan layanan digital yang lebihnyaman (95 persen) dan metode pembayaran digital yang aman (94 persen).

TMRW Tanpa Kontak Langsung

Bulan Agustus 2020 kemarin, UOB Indonesia meluncurkan TMRW yang telah meraih pengakuan industri sebagai bank yang fokus melayani generasi digital kawasan ASEAN. Dengan TMRW, nasabah akan memperoleh pengalaman tanpa kontak langsung, mulai dari pembukaan rekening hingga menjalankan berbagai fitur transaksi perbankan yang tersedia di dalam aplikasi TMRW.

Pengalaman digital menyeluruh inididukung oleh fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning untuk pengalaman yang menarik dan dipersonalisasi berdasarkan data transaksi setiap nasabah. Dengan memahami dan mengantisipasi kebutuhan nasabah, TMRW mampu menyajikanwawasan yang disesuaikan untuk membantu setiap pengeluaran individu maupun menabungdengan lebih bijak.

“Karena tren bergerak ke preferensi pembayaran nirsentuh dibandingkan dengan pembayaran tunai, kami percaya TMRW merupakan masa depan. Melalui fitur QR di TMRW yang memungkinkan pembayaran cepat dan nyaman, UOB sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai dan target Bank Indonesia untuk menjangkau 12 juta merchants menggunakan metode pembayaran QRIS pada akhir tahun 2021,” pungkas Khoo.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading