Sukses

Lifestyle

5 Tips Hidup Rukun Saat Tinggal Bersama di Rumah Mertua

Fimela.com, Jakarta Banyak pasangan suami-istri yang kemungkinan masih tinggal satu rumah dengan mertuanya saat ini, entah karena masalah ekonomi dan finansial atau ada alasan lainnya. Umumnya hubungan keluarga dengan situasi seperti ini cukup rentan mengalami masalah, terutama masalah perbedaan menjalani kehidupan.

Agar bisa akur dan memiliki hubungan baik dengan mertua, ini sekian hal yang perlu dilakukan suami-istri yang tinggal serumah dengan mertua.

1. Jaga komunikasi

Komunikasi adalah kunci, baik terhadapĀ suami maupun mertua. Membicarakan segalanya dengan konteks yang jelas dan transparan sangat dibutuhkan ketika hidup serumah bersama mertua. Jangan sampai ada hal tak nyaman yang diterima dan hanya dipendam saja, meski tentu saja butuh cara yang elegan untuk bisa terus terang membicarakannya.

2. Kasih sayang yang sama

Banyak orang susah menganggap ibu dan ayah mertua sama seperti orangtua kandungnya, padahal perasaan ini harus ditumbuhkan bahkan sejak sebelum menikah. Karena ketika ada rasa pilih kasih, segala yang kamu lakukan akan terasa tidak tulus pada mertua.

3. Terus terang namun sopan dan ramah

Pastikan menjaga sikap yang ramah dan sopan kepada mertua tapi tetap terus terang. Jangan hanya bersikap manis di depan tapi kesal di belakang hanya untuk 'menjaga sikap'. Be real, jadilah dirimu sendiri dengan tetao tunjukkan tata krama yang baik.

4. Menghormati cara hidup mertua

Karena kamu tidak dalam posisi bisa mengatur kehidupan rumah tanggamu dengan seutuhnya, belajarlah menghormati perbedaan cara hidup selama tinggal bersama mertua. Akan lebih mudah jika kalian memiliki ruang terpisah dengan rumah mertua, namun pastikan menjadi menantu yang tidak merepotkan.

5. Cari waktu yang tepat untuk menjaga kemesraan

Karena tinggal dengan mertua, urusan bercinta dengan pasangan juga tak bisa diabaikan. Jika memang sungkan menunjukkan rasa sayang kepada pasangan di rumah, kamu dan pasangan bisa merencanakan kencan di luar rumah agar lebih leluasa dan bagai pacaran seperti dulu.

Itu dia sekian tips yang bisa dijaga selama hidup satu rumah dengan mertua. Yuk tetap jaga hubungan keluarga yang baik dengan mertua, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Mengenali Kamu sedang Bersama Pria yang Tidak Tepat
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Hilangnya Sikap Romantis dalam Hubungan Cintamu