Sukses

Lifestyle

Hari Nyepi Saka 1943, Jokowi Ajak Masyarakat Luruhkan Dendam, Amarah, dan Rasa Dengki

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyep Saka 1943 kepada umat Hindu yang merayakannya hari ini (14/3/2021). Dalam peringatan Nyepi 2021, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk merenungkan karunia yang diberikan oleh Sang Pencipta.

"Dalam hening dan sepi, kita menyelam ke lubuk hati, merenungkan karunia hidup dari Sang Pencipta," tulis Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Minggu (14/3/2021).

Presiden Jokowi berharap agar masyarakat Indonesia agar dapat meruntuhkan dendam dan dengki dalam diri manusia melalui renungan yang ia bagikan. Selain itu, optimisme pun ditekankan Jokowi pada pesannya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat Hindu di Indonesia untuk menjadi Hari Raya Nyepi 2021 sebagai momen untuk memuliakan alam.

 

Jeda untuk memuliakan alam

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," ujar Yaqut di Jakarta, seperti dilansir dari Liputan6.com pada Minggu (14/3/2021).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun berharap agar umat Hindu dapat menggali makna terdalam dalam peringatan Hari Raya Nyepi. Terutama selama menjalani Catur Brata Penyepian, Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan.

Doa dan harapan akan berakhirnya pandemi COVID-19 juga terselip dalam perayaan Hari Raya Nyepi 2021.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading