Sukses

Lifestyle

Lelah Menghadapi Orang Negatif, Ini 4 Tips Jitu untuk Menghindarinya

Fimela.com, Jakarta Sangat menjengkelkan sekali jika harus berada di sekeliling orang-orang yang negatif. Orang negatif adalam mimpi buruk bagi sebagian orang. Orang negatif ini bisa muncul di mana saja, di perkuliahan, di tempat kerja bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi, jika tidak memungkinkan untuk memutuskan hubungan dengan orang negatif karena keadaan yang satu lingkungan dengan mereka, ini akan menjadi lebih sulit lagi.

Namun, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi orang negatif yang satu lingkungan denganmu. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Jangan Biarkan Orang Negatif Mengambil Waktumu

Orang negatif dapat memonopoli waktumu, jadi jangan biarkan orang negatif mengambil waktu dan energimu. Daripada mengeluh tentang orang yang tidak kamu sukai, pilihlah untuk memulai percakapan tentang topik yang menyenangkan.

Demikian pula, alih-alih menghabiskan perjalanan dan malah memikirkan betapa kamu tidak menyukai seseorang yang bekerja denganmu, misalnya. Lebih baik, nyalakan radio dan dengarkan musik yang mengurangi beban pikiranmu. Ambillah kendali dan batasi jumlah waktu yang kamu habiskan untuk membicarakan, memikirkan, dan mengkhawatirkan orang yang tidak menyenangkan.

Pilihlah Sikapmu

Menghabiskan waktu dengan orang-orang negatif bisa menjadi cara tercepat untuk merusak suasana hati yang baik. Pandangan pesimis dan sikap suram mereka dapat menurunkan motivasimu dan semangat.

Tetapi membiarkan orang negatif mendikte emosimu hanya memberi mereka terlalu banyak kekuatan untuk mereka. Berusahalah untuk tetap berpikir jernih dan menentukan sikap. Entah dengan mengabaikannya atau anggap saja perkataan mereka hanya sebagai angin lalu.

Kendalikan Emosimu

Orang negatif terbiasa dengan perilaku buruk mereka, bahkan mereka tidak memiliki hal baik untuk diucapkan pada orang lain. Mereka hanya tahu merendahkan, memojokkan dan membuat orang lain kehilangan semangat. Wajar, jika dirimu dihadapkan dengan seperti ini akan selalu membuat emosi.

Meskipun kamu tergoda untuk meluapkan emosimu, dengan menimpali perkatannya atau bahkan berkata kasar. Ketahuilah, itu adalah hal yang sia-sia dan akan semakin mendekatkanmu pada perilaku negatif. Berusahalah untuk tetap mengendalikan diri, karena menyelahkan mereka dengan berkata-kata kasar akan membuat mereka semakin kuat untuk menyerangmu.

Bertemanlah dengan Orang Positif

Sulit untuk berpikir dengan benar saat dikelilingi oleh hal-hal negatif. Jadi, carilah orang-orang yang positif untuk membuat tetap seimbang. Sama seperti orang negatif yang dapat memengaruhimu, orang yang positif juga demikian.

Identifikasi orang-orang positif dalam hidupmu dan jadwalkan waktu bersama mereka secara teratur. Misalnya dengan menghabiskan waktu makan siang bersama mereka atau berolahraga bersama di akhir pekan akan dapat membantumu tetap berada di jalur yang benar.

Memang tidak mudah untuk mengidari orang negatif, tetapi dengan memutuskan bahwa tidak akan membiarkan orang negatif menentukan bagaimana kamu berpikir, merasa, dan berperilaku. Dengan begitu, kamu akan berhasil mengambil energimu dan menjadi seseorang yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading