Sukses

Lifestyle

Berjarak tetap Langgeng, 5 Cara Mempertahankan Hubungan Cinta Jarak Jauh

Fimela.com, Jakarta Menjalin hubungan jarak jauh tidaklah mudah. Ada banyak tantangan dan cobaan yang akan dihadapi pasangan yang terpisahkan jarak. Menjaga keutuhan cinta dan mempertahankan hubungan tetap langgeng pun butuh upaya yang lebih keras.

Ada pasangan yang berhasil menjaga keutuhan cinta dalam hubungan jarak jauh. Supaya meski berjarak masih tetap bisa langgeng, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti cara-cara berikut ini.

1. Saling Mendukung untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Mandiri

Melansir laman elitedaily.com, menurut psikolog klinis Dr. Joshua Klapow, Ph.D., jika kita dan pasangan sudah bisa menikmati hidup dan kemandirian tanpa kehadiran satu sama lain setiap hari, hubungan memiliki kemungkinan besar akan langgeng. "Nikmati waktu sendiri dengan cara yang sehat, produktif, dan memuaskan," papar Dr. Klapow. Untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ada dalam hubungan cinta jarak jauh, penting untuk saling memberi ruang agar bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri seiring berjalannya waktu.

2. Hadirkan Tawa di Setiap Obrolan

Menjadi komunikasi merupakan salah satu kunci penting keberhasilan hubungan jarak jauh. Ketika berbicara atau ngobrol di telepon, usahakan untuk saling tertawa bersama. Ceritakan hal-hal yang menarik dan membuat kalian bisa tertawa bersama. Disadari atau tidak, momen tertawa bersama kalian akan membuat cinta di hati kalian sama-sama besar. Saat kalian bisa tertawa bersama, kalian juga akan merasa lebih bahagia.

3. Buat Jadwal Realistis untuk Saling Memberi Kabar atau Berkomunikasi

Baik melalui pesan teks maupun video call, komunikasi tetap perlu dijaga. Namun, bila berkomunikasi setiap hari masih terlalu sulit untuk dilakukan karena kesibukan atau urusan lain, maka kita perlu membuat ekspektasi yang lebih realistis dalam berkomunikasi. Jika membuat jadwal dalam berkomunikasi, pastikan jadwalnya bisa diikuti oleh kita dan pasangan dengan baik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kesibukan masing-masing, ya.

4. Berhati-hati dengan Prasangka Buruk dan Cemburu Buta

Cemburu bisa jadi tanda cinta tapi jika rasa cemburunya berlebihan dan malah sering saling curiga satu sama lain, maka hal itu bisa jadi "racun" dalam hubungan. Terpisah jarak malah memicu rasa saling curiga berlebihan. Karena makin jarang bertatap muka langsung, berbagai presepsi dan prasangka bisa makin sulit untuk dikendalikan. Penting untuk tidak terlalu mudah terbawa prasangka buruk. Berhati-hatilah pula dengan cemburu buta yang malah akan menghancurkan ikatan cinta.

5. Saling Menguatkan untuk Bersabar

Kesabaarn bisa menjadi aspek yang paling diuji dalam menjalin hubungan jarak jauh. Untuk itu sedari awal komitmen yang dibangun perlu menekankan aspek kesabaran. Benar-benar perlu saling menguatkan untuk bisa saling bersabar. Saling jujur dengan perasaan masing-masing serta saling menguatkan diri untuk bisa mempertahankan komitmen hubungan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Semoga hubunganmu bisa senantiasa langgeng dan cinta yang dibangun semakin kuat. 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Takut Bakal Putus di Tengah Jalan? Ini 6 Permasalahan yang Sering Dihadapi Pasangan LDR
Artikel Selanjutnya
8 Alasan Mengapa LDR Bisa Membuat Hubungan Semakin Kuat