Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Semakin Banyak Uang Semakin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Seperti kata pepatah, “Uang tidak dapat membeli kebahagiaan seseorang.” Akan tetapi ada sebuah penelitian baru-baru ini mengatakan sebaliknya, bahwa ternyata tingkat pendapatan seseorang bisa memengaruhi kebahagiaannya.

Seperti yang dilansir pada laman cnbc.com, ada penelitian terkenal dari tahun 2010 telah menunjukkan bahwa orang cenderung merasa lebih bahagia jika semakin banyak uang yang mereka hasilkan hanya sampai titik sekitar $ 75.000 setahun.

Dan menurut sebuah studi baru dari The Wharton School University of Pennsylvania, kesejahteraan masyarakat meningkat dengan jumlah uang yang mereka hasilkan, bahkan melebihi $ 75.000.

Uang memberi orang otonomi untuk membuat pilihan tentang bagaimana mereka menjalani hidup mereka, Matthew Killingsworth, penulis studi dan rekan senior di Wharton, yang mempelajari kebahagiaan manusia dan mengatakan dalam rilisnya.

Ketika para ahli mengukur kebahagiaan dalam penelitian, mereka mempertimbangkan kesejahteraan emosional orang-orang, atau bagaimana perasaan mereka sehari-hari, dan seberapa puas mereka dengan jalan hidup mereka secara keseluruhan.

 

Peningkatan Penghasilan Berkaitan dengan Kesejahteraan Ekonomi

Untuk studi baru ini, peneliti meminta 33.391 orang yang dipekerjakan (usia 18-65) menggunakan aplikasi smartphone yang mendorong mereka untuk memeriksa emosi mereka sepanjang hari. Aplikasi tersebut meminta mereka untuk menentukan peringkat: "Bagaimana perasaan mereka saat ini?" dan "Secara keseluruhan, seberapa puaskah mereka dengan hidupnya?"

Dan data menunjukkan bahwa semua bentuk kesejahteraan terus meningkat sesuai dengan pendapatan, di berbagai tingkat pendapatan, dan tidak stabil di $ 75.000 setahun, menurut Killingsworth.

"Pada tingkat individu, ini menunjukkan bahwa ketika orang-orang maju dalam karir mereka dan pendapatan mereka meningkat, itu berpotensi membuat hidup mereka benar-benar lebih baik (daripada mencapai batas setelah mereka mencapai $ 75.000)," kata Killingsworth.

Pada tingkat masyarakat yang lebih luas, ini bisa berarti bahwa "pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam beberapa dekade mendatang mungkin masih memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Hubungan Uang dengan Kebahagiaan

Penelitian sebelumnya tentang uang dan kebahagiaan telah melihat seberapa puas orang-orang dalam hidup mereka secara keseluruhan. Ini bergantung pada kemampuan orang untuk "secara akurat mengingat bagaimana perasaan mereka di berbagai momen masa lalu dan kemudian secara akurat mengintegrasikan ingatan itu ke dalam satu perkiraan," tulis penulis penelitian.

Tetapi studi ini melihat perasaan orang-orang selama momen kehidupan (mengalami kesejahteraan) dan evaluasi orang tentang kehidupan mereka ketika mereka berhenti dan merenung (kesejahteraan evaluatif). Selama pandemi Covid, pendapatan bisa menjadi sedikit lebih penting bagi kebahagiaan orang, kata Killingsworth.

“Misalnya, jika seseorang memiliki bantalan finansial, dia akan lebih mampu keluar dari masa pengangguran, dan jika seseorang memiliki pekerjaan bergaji tinggi, mungkin kemungkinan besar ia akan dapat bekerja dari rumah dan mempertahankan pekerjaan di tempat pertama, yang semuanya akan memberi lebih banyak hak pilihan atas hidupnya.” Katanya.

Uang adalah Salah Satu Indikator Kebahagiaan

 

Pada akhirnya, Killingsworth mengatakan bahwa pendapatan hanyalah salah satu faktor yang memengaruhi kebahagiaan individu, namun bukan yang paling penting. "Jika ada, orang mungkin terlalu menekankan uang ketika mereka memikirkan tentang seberapa baik kehidupan mereka," katanya dalam rilisnya.

Memang ada banyak faktor selain uang yang berkontribusi pada kebahagiaan seseorang: Penelitian lain telah menunjukkan bahwa hubungan sosial dan koneksi adalah kontributor terpenting bagi kebahagiaan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana pekerjaan dan penghasilan kita sesuai dengan pandangan kita tentang kesuksesan. Dalam penelitian Wharton orang ditanya, "Menurutnya, sejauh mana uang menunjukkan kesuksesan dalam hidup mereka?" Mereka yang menyamakan uang dan kesuksesan kurang bahagia dibandingkan mereka yang tidak memiliki pandangan yang sama. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa ketika orang memiliki pekerjaan yang memberi mereka makna atau tujuan, mereka lebih bahagia, terlepas dari berapa banyak uang yang mereka hasilkan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading