Sukses

Lifestyle

KlikDoker Gelar Pemberian Vaksin COVID-19 Gratis untuk Lansia, Begini Persyaratannya

Fimela.com, Jakarta Pemberian Vaksin COVID-19 sedang berlangsung di Indonesia, secara bertahap. Tak hanya berdiam diri dan ingin mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi, Anak usaha PT Kalbe Farma Tbk, KlikDokter menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 secara gratis untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Setiap harinya, KlikDokter menargetkan ada 500 lansia yang menerima vaksin COVID-19.

Didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Vaksinasi yang diadakan Kalbe bekerja sama dengan RS Omni, RS EMC dan Summarecon Mall Kelapa Gading itu digelar dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2021, di Summarecon Mall Kelapa Gading 5 Jakarta.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Michael Buyung mengungkapkan program vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan pemberian vaksin COVID-19, untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

“Kami mendukung pemerintah yang saat ini memprioritaskan lansia dalam pemberian vaksin sebagai kelompok usia rentan dan berbahaya apabila terkena COVID-19.” ujar Michael Buyung dalam keterangan persnya. Michael menambahkan, Kalbe akan mendukung dan berpartisipasi menyelenggarakan vaksinasi kembali untuk kelompok usia lain di luar lansia, bila sudah tiba waktunya.

Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengapresiasi kolaborasi penyelenggaraan vaksinasi dinamis yang menjadi representasi dalam pelayanan warga lanjut usia. Menurutnya, dengan suasana yang nyaman dan akses mudah, lansia akan semakin tertarik untuk segera mendapatkan vaksinasi.

“Yang lebih penting lagi penyelenggaranya begitu taat dengan protokol kesehatan yang salah satunya diatur betul jarak dan alur vaksinasinya mulai dari tahap registrasi sampai observasi pasca-vaksinasi." kata Ali.

 

Cara pendaftaran program vaksinasi

Proses pendaftaran program vaksinasi ini sangat mudah, Direktur KlikDokter Dino Bramanto mengungkapkan, pihaknya secara proaktif menyelenggarakan program ini dengan memberikan kemudahan bagi para lansia. “Mereka cukup daftar melalui aplikasi Klikdokter." terang Dino.

Masyarakat yang berminat mendaftarkan orang tua atau lansia, wajib melakukan buat janji via aplikasi KlikDokter dan mengisi profil diri peserta secara lengkap di menu data diri peserta.

Sementara untuk pelaksanaan program vaksinasi lansia ini dapat dilakukan dengan mengakses link http://bit.ly/kd-vaksin lansia, kemudian memilih tanggal vaksinasi, mengisi alamat email, mengisi data diri, dan memilih jam kedatangan untuk vaksinasi.

Nantinya, KlikDokter akan menginfokan dan mengkonfirmasi jadwal kedatangan peserta melalui email atau whatsapp.

Persyaratan yang harus dipenuhi

Adapun Lansia yang bisa mengikuti Program Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan KlikDokter harus memenuhi syarat sebagai berikut:

• Lansia dalam kondisi sehat, tidak sakit dalam tujuh hari terakhir.

• Jika calon penerima merupakan penyintas COVID-19, diperbolehkan mengikuti vaksinasi minimal 3 bulan setelah dinyatakan negatif.

• Calon penerima tidak sedang menderita penyakit jantung / liver / ginjal kronis atau melakukan prosedur cuci darah.

• Lansia juga tidak dalam proses pengobatan kanker / gangguan pembekuan darah /pengobatan defisiensi imun / sedang transfusi darah.

• Calon penerima berkondisi atau punya riwayat penyakit epilepsi / diabetes melitus/ HIV / penyakit paru (asma, PPOK) dalam keadaan terkontrol.

• Tidak menerima vaksinasi lain dalam kurun waktu sebulan terakhir.

• Pemeriksaan kesehatan final akan dilakukan di lokasi vaksinasi oleh tenaga kesehatan.

Penulis: Hilda Irach

Loading
Artikel Selanjutnya
Isi Pesan Presiden Joko Widodo saat Meninjau Peresmian Program Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan
Artikel Selanjutnya
Kupas Tuntas 5 Mitos tentang Vaksin COVID-19 untuk Anak