Sukses

Lifestyle

Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Kondusif untuk Berdayakan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Masih dalam rangka peringatan Hari Perempuan Sedunia, Cargill kembali memperkokoh komitmen berkelanjutannya terhadap isu kesetaraan gender. Salah satunya dengan cara menciptakan tempat kerja yang inklusif dan beragam. Untuk itu, Cargill mengadakan acara virtual untuk menginspirasi karyawan perempuan agar dapat mengeluarkan potensi penuh untuk berkembang di Cargill. 

Mengusung tema "Choose to Challenge" acara ini juga dihadiri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi. Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa Choose to Challenge sangat penting. Namun, Choose to Partner atau emmiliki hubungan baik dengan pria adalah sama pentingnya. 

“Berkaitan dengan penerapan kesetaraan gender, lingkungan yang kondusif sangatlah penting, sehingga perempuan mendapatkan dukungan, memperoleh perlakuan yang sama dan pada akhirnya dapat mencapai cita-cita mereka. Berinvestasi pada pemberdayaan perempuan berarti berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah. Selain itu, diperlukan langkah besar dalam memperjuangkan kesetaraan gender di keluarga, di tempat kerja, dan di lingkungan," ungkapnya. 

Retno menambahkan, “Dunia internasional juga menaruh perhatian terhadap isu-isu perempuan melalui tema perdamaian dan keamanan. Indonesia juga berkontribusi dalam meningkatkan peran perempuan sebagai agen perdamaian, khususnya dalam misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Agar perdamaian dapat tetap terjaga, perempuan mampu menjalankan peran penting ini sebagai agen perdamaian dan toleransi. Kami yakin perempuan dapat menjadi bagian dari solusi dalam keluarga, di tempat kerja dan di lingkungan sekitar baik di tingkat nasional maupun internasional.”

Kemajuan di Tempat Kerja

Sementara itu, Corporate Affairs Director, Cargill Indonesia Arief Susanto mengatakan kemajuan perempuan di tempat kerja merupakan prioritas dalam agenda Keragaman, Ekuitas, dan Inklusi (DEI) Cargill. Pihanya percaya, tim inklusif memiliki nilai yang baik. 

"... dan kami berkomitmen melakukan pekerjaan penting untuk mewujudkan kesetaraan gender. Untuk mencapai kesetaraan gender diperlukan upaya-upaya yang berkelanjutan, dan Cargill telah melakukan langkah-langkah untuk memajukan perekrutan, mempertahankan, mengembangkan dan meningkatkan karier karyawan perempuan. Tahun ini, kami ingin menginspirasi dan memotivasi seluruh karyawan dengan meminta mereka untuk “Choose to Challenge”. Melalui acara ini, Cargill menunjukkan betapa kuatnya kolaborasi di seluruh bisnis Cargill Indonesia dalam mendukung visi #onecargillindonesia dan berkontribusi dalam membangun sumber daya manusia untuk masa depan yang siap di Indonesia.”

Untuk meningkatkan kemajuan perempuan, Cargill meningkatkan dan merayakan keberadaan perempuan yang terus bertambah di bidang pertanian, menyediakan sumber daya bagi para calon karyawan, dan menyampaikan pesan yang memotivasi untuk para perempuan yang sedang mempertimbangkan karir di industri ini. Salah satu program untuk meningkatkan kemajuan perempuan adalah melalui pembentukan Cargill Women’s Network (CWN).

“Hari Perempuan Sedunia mengingatkan kita semua bahwa perempuan memiliki peran penting di manapun mereka berada. Bersama-sama, kita semua bisa menentang stigma sosial yang terkait dengan perempuan, seperti budaya, ras, dan usia. Cargill senantiasa berkomitmen terus mengadakan kegiatan yang dapat memperkaya potensi perempuan untuk membantu mereka menjabat lebih banyak posisi kepemimpinan," ungkap Indirawati Suripto, President of Cargill Women's Network (CWN) Indonesia. 

Cargill mendorong prinsip-prinsip inklusif ke dalam perilaku sehari-hari dan seluruh aktivitas bisnis, mendorong keberagaman tenaga kerja secara global, serta memastikan setiap orang memiliki peluang yang setara untuk sukses, termasuk para perempuan.

#elevate women

Loading