Sukses

Lifestyle

Resep Kue Pare khas Banjarmasin

Fimela.com, Jakarta Menyajikan kue basah untuk keluarga di rumah tentu sangat nikmat, apalagi jika sedang ada kumpul keluarga. Ada banyak sekali jajanan tradisional nusantara yang patut dilestarikan, salah satunya adalah kue pare dari Banjarmasin. Bagaimana cara membuatnya? Simak yuk resepnya!

Bahan isian:

  • 150 gr kelapa parut (pilih yang sudah agak tua)
  • 50 gr gula merah batok
  • 1 sdm gula pasir

Bahan kulit:

  • 200 gr tepung ketan putih
  • 200 ml santan cair hangat
  • 1/4 sdt garam
  • pasta pandan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Untuk isian, larutkan gula merah dengan 100 ml air panas. Saring di panci dan campurkan dengan kelapa parut dan gula pasir.
  2. Masak unti atau isian hingga air berkurang, matang dan agak kering. Angkat.
  3. Untuk kulit, campurkan tepung ketan, garam dan pasta pandan, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni. Jika sudah kalis, Ambil secukupnya dan isi dengan unti.
  4. Tutup kembli adonan dan bentuk agak lonjong.
  5. Untuk membuat pola seperti pare, ambil pisau dan kerat menggunakan punggung pisau yang tumpul. Beri beberapa keratan agar tampak sepert pare. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Panaskan kukusan. Letakkan daun pisang untuk alas. Taruh kue pare di atasnya dan beri jarak satu sama lain agar tidak menempel.
  7. Kukus selama kurang lebih 30 menit, setiap 5 menit sekali tutp kukusan perlu dibuka agar adonan tidak melebar atau berubah bentuk. Setelah matang, oles tipis dengan minyak goreng agar tidak lengket dan tampilannya cantik mengkilap.

Angkat kue pare khas Banjarmasin dan siap dinikmati.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
11 Resep Kue Empuk tanpa Telur yang Mudah Dibuat Sendiri
Artikel Selanjutnya
Resep Lemper Goreng yang Pulen dan Garing