Sukses

Lifestyle

4 Tips Sederhana Mengatasi Kecemasan yang Bisa Menggangu Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti akan merasakan cemas, gugup, tegang dan stres dari waktu ke waktu. Banyak permasalahan yang dihadapi yang mungkin bisa membuat seseorang merasa cemas. Jika kecemasan ini tidak ditangani dengan segera, mungkin akan memengaruhi kesehatan mental seseorang. Berikut ini adalah cara untuk membantu mengatasi kecemasan.

Istirahat Cukup

Dapatkan waktu tidur yang cukup untuk kebutuhanmu, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Makan dengan baik, pilih buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian untuk energi jangka panjang. Dan berolahraga untuk mengirim oksigen ke setiap sel di tubuh sehingga otak dan tubuhmu dapat beroperasi dengan sebaik-baiknya.

Terhubung dengan Orang Lain

Habiskan waktu bersama teman atau keluarga. Kegiatan yang terorganisir itu bagus, tetapi sekadar nongkrong juga berhasil. Melakukan hal-hal dengan orang yang kita rasa dekat akan memperdalam ikatan kita, memungkinkan kita untuk merasa didukung dan aman. Dan kesenangan serta berbagi yang menyertainya memungkinkan kita untuk merasa lebih bahagia dan tidak terlalu kesal tentang berbagai hal. Jika dirimu merasa khawatir atau gugup tentang sesuatu, membicarakannya dengan seseorang yang mendengarkan dan peduli dapat membantumu merasa lebih dipahami dan lebih mampu mengatasinya. Dirimu akan diingatkan bahwa setiap orang terkadang memiliki perasaan ini. Kamu tidak sendiri.

Terhubung dengan Alam

Berjalan-jalan di taman atau berjalan-jalan di hutan dapat membantu siapa pun merasa damai dan membumi. Berjalan kaki, hiking, bersepeda lintas alam atau berkemah menawarkan manfaat tambahan dari olahraga.

Perhatikan Hal-hal yang Baik

Cara yang bagus untuk menjauhkan pikiran kita dari jalur kekhawatiran adalah dengan memfokuskan pikiran kita pada hal-hal yang baik, indah, dan positif. Hargai berkat kecil setiap hari. Biarkan dirimu bermimpi, berharap, dan membayangkan hal terbaik yang bisa terjadi.

Saat kecemasan atau kekhawatiran terasa ekstrem, itu mungkin merupakan tanda gangguan kecemasan. Bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan, penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat dari ahli kesehatan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading