Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bisa Fokus Bekerja saat Baru Mengalami Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati memang menyesakkan. Saat kita baru saja patah hati, dunia seakan terasa suram. Bahkan harapan untuk menjalani hidup seakan semakin pudar. Untuk kembali tersenyum saja sangat susah. Namun, bagaimana jika kita masih harus tetap profesional bekerja ketika baru mengalami patah hati?

Yang jelas memang tidak mudah untuk menjaga fokus dan konsentrasi bekerja dengan baik di kala kita baru mengalami patah hati. Suasana hati sedang tidak karuan, tapi masih ada tanggung jawab besar menyelesaikan  pekerjaan dengan baik. Meskipun begitu, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk membantu kita lebih stabil saat bekerja walau baru mengalami patah hati.

1. Pahami bahwa Bersedih Itu Manusiawi

Melansir laman griefrecoverymethod.com, hal pertama yang perlu dilakukan agar bisa fokus bekerja ketika patah hati adalah menyadari bahwa tidak ada yang salah pada dirimu. Maksudnya adalah tidak apa-apa merasa bersedih. Tak apa-apa merasa sulit berkonsentrasi. Sadari dan pahami hal itu. Dengan demikian, kamu tidak semakin stres atau tertekan ketika bekerja. Setidaknya kamu masih bisa memegang kendali atas emosimu sendiri saat ini.

2. Cari Bantuan atau Sandaran untuk Sementara Waktu

Ketika hati terasa begitu sesak, tak ada salahnya untuk mencari bantuan. Bisa dengan curhat dengan sahabat. Bisa juga dengan mencurahkan isi perasaan dengan orang terdekat dan terpercayamu. Kadang kita perlu meringankan hati dan perasaan terlebih dahulu supaya bisa menjaga daya fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

3. Mulai dari Pekerjaan-Pekerjaan Kecil

Bisa dimulai pelan-pelan. Kerjakan hal-hal atau pekerjaan yang lebih mudah lebih dahulu. Fokus pada hal-hal yang lebih kecil lebih dahulu akan membantumu lebih mudah fokus pada pekerjaan yang lebih besar atau berat di langkah selanjutnya. Nanti ketika sudah menemukan flow-nya, kamu akan dengan sendirinya tenggelam dalam pekerjaan yang membuatmu lupa sejenak dengan pengalaman patah hati yang baru kamu rasakan.

4. Jauhkan Diri dari Berbagai Gangguan

Misalnya, memblokir semua akun mantan dari akun media sosialmu supaya kamu tak terus tergoda atau penasaran untuk stalking. Singkirkan semua benda atau barang yang mengingatkanmu pada sosok mantan atau orang yang telah melukai hatimua. Saat bekerja, kondisikan dirimu untuk terhindar dari berbagai macam gangguan yang mengingatkanmu akan rasa sakit hatimu.

5. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri ketika Sudah Selesai Bekerja

Supaya ada semangat bekerja, kita bisa merencanakan hadiah untuk diri sendiri. Sebagai contoh, kita berjanji pada diri sendiri bahwa setelah menyelesaikan pekerjaan ini, kita akan menghadiahi diri dengan makan makanan favorit kita. Saat sedang patah hati, penting untuk berbaik hati pada diri sendiri. Berbaik hati pada diri sendiri akan membuat perasaan kita lebih nyaman.

Semoga luka dari patah hati yang kamu rasakan bisa segera sembuh, ya. Jika fokus bekerja masih terlalu sulit untuk dilakukan, coba pertimbangkan untuk ambil cuti atau liburan sejenak untuk memulihkan diri. Bagaimana pun, dirimu berhak bahagia dan kembali tersenyum menjalani hari-hari yang baru ke depannya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Mengharapkan Cinta dari Seseorang yang Belum Selesai dengan Masa Lalunya
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Buku Bagus untuk Bantu Memulihkan Hati yang Terluka