Sukses

Lifestyle

Hal-hal Ini Nggak Bakal Ada Tanpa RA Kartini

Fimela.com, Jakarta Beruntunglah kalian para perempuan yang hidup zaman sekarang. Kamu nggak lagi merasakan batasan-batasan dalam keluarga dan sosial di hidupmu seperti yang dirasakan RA Kartini. Mungkin, kalau nggak ada RA Kartini, kamu nggak akan merasakan perubahan-perubahan yang ada dari zamannya. Nih, hal-hal yang bisa kamu rasakan di zaman sekarang, tapi nggak di zaman Kartini. Cus!

1. Kesetaraan gender pendidikan

1. Kesetaraan gender pendidikan  (Via: premiumtimesng.com)
Kartini hanya bisa merasakan sekolah hanya sampai sekolah dasar. Setelah itu ia dipingit untuk dinikahkan. Sedangkah laki-laki di zamannya boleh melanjutkan pendidikan setinggi mungkin. Beruntungnya kamu yang hidup di masa kini, cewek cowok bisa sekolah setinggi mungkin.

2. Keseteraan sosial

2. Keseteraan sosial  (Via: thewayaboutthis.com)
Selain pendidikan, pergaulan Kartini pun dibatasi. Sekarang, kamu bebas berteman dan bergaul dengan siapa saja yang kamu mau.

3. Belajar sastra

3. Belajar sastra  (Via: oktariadit.blogspot.com)
Sama halnya seperti pendidikan, di zaman RA Kartini, belajar sastra pun nggak semua orang bisa lakukan. Hanya orang-orang bangsawan yang bisa belajar.

4. Menulis

4. Menulis  (Via: flickr.com)
Yap! Menulis bukan sekadar menulis. Kartini sering menulis untuk mengungkapkan perasannya yang kemudian dikirim ke teman-temannya di Belanda. 

5. Kerja di luar rumah

5. Kerja di luar rumah  (Via: haokoo.com)
Boro-boro kerja, sekolah aja Kartini dibatasi. Untungnya zaman sekarang perempuan bebas menentukan pilihan berkarir atau tidak.

6. Tidak ada lagi perjodohan

6. Tidak ada lagi perjodohan  (Via: evakkeblog.com)
Bayangkan kalau perjodohan masih ada hingga zaman sekarang? Hmmm...

Dan yang terakhir adalah ...

DISKON \o/

7. Diskon  (Via: lendcreative.com)
YAP! Diskon adalah salah satu hal yang paling bisa kamu rasakan kalau nggak ada Kartini. Biasanya beberapa toko memperingati hari ini dengan memberikan diskon ke pembelinya. Asyik!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading