Sukses

Lifestyle

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan

Fimela.com, Jakarta Pangalengan dikenal sebagai sentral susu. Di sana terdapat pabrik susu terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak zaman Hindia Belanda. Namanya Bandoengsche Melk Centrale (BMC). Saking besarnya, seorang Direktur BMC pernah berkata, "Anda jangan lupa, bahwa di seluruh Hindia Belanda ini hanya ada satu pusat pengolahan susu. Dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale!". Hal tersebut seakan menggambarkan kejayaan pabrik susu ini di masa lalu.

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan | via: efenerr.wordpress.com

Alkisah di tahun 1903, 20 orang Boer datang ke Indonesia dengan kapal La Seyne. Begitu sampai di Batavia, mereka menyebar. Diantaranya ada yang menuju Bandung dan memulai usaha peternakan sapi.

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan | via: tripadvisor.co.uk

Louis Hirschland dan Van Zijl adalah 2 orang yang memulai usaha peternakan sapi di daerah Cisarua. Mereka pun mendatangkan sapi-sapi perah unggulan dari Friesland, Belanda. Untuk menampung olahan dari peternakannya, mereka berdua mendirikan Bandoengsche Melk Centrale.

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan | via: indonesia-zaman-doeloe.blogspot.com

Produk yang dihasilkan BMC saat itu antara lain, susu segar, susu cokelat, es krim, mentega, keju, dan krim. Produk-produk tersebut disebar ke seantero Bandung dan Batavia untuk konsumsi para ekspatriat kala itu.

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan | via: archive.kaskus.co.id

BMC kemudian menjadi sangat terkenal sebagai pabrik pengolahan susu. Tercatat pada 1932 terdapat 13 ribu liter susu yang dihasilkan para peternak seantero Bandung yang dihasilkan para peternak. Susu tersebut kemudian diolah, dipasteurisasi dan didistribusikan ke seluruh pelanggan BMC.

Mengenal Lebih Jauh Sentral Susu Pangalengan | via: selerakita.info

Berkat BMC, sekarang Pangalengan jadi sangat terkenal sebagai sentral susu terbesar di Indonesia.

 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Pangalengan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading