Sukses

Lifestyle

Sambil Nunggu SBMPTN, Nih Simak Istilah-istilah Jadul SNMPTN!

Fimela.com, Jakarta Dari masa ke masa, dari tahun ke tahun, istilah penerimaan mahasiswa di tahun ajaran baru mengalami beberapa kali pergantian sebelum ditetapkan jadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Apa sajakah istilah-istilah lawas sebelum akhirnya tercetus nama SNMPTN? Nih, Bintang.com rangkum buat kamu!

SKALU

SKALU (Via: washingtonpost.com)

Istilah SKALU (Sekretariat Kerja Sama Antar Lima Universitas) adalah buyut dari segala nama seleksi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Istilah perebutan kursi PTN ini ngehits di tahun 1976. Sekitar 37 ribu lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) bersaing mendapatkan 'tiket' ke PTN. Lima universitas yang dimaksud adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Airlangga. Semuanya ada di Pulau Jawa.

SKASU

SKASU (Via: resoopen.com)

Pada 1979, sistem SKALU dikembangkan dengan menambah lima universitas lagi, yaitu Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara di Medan. Sejak itu, namanya dikenal jadi SKASU. Kemudian UGM membuat program penerimaan mahasiswa tanpa test dengan nama Perintis 1, diikuti universitas lain hingga Perintis 4.

Sipenmaru

Sipenmaru (Via: null-byte.wonderhowto.com)

Tahun 1983, pemerintah mengadopsi semua Perintis dan diberi nama Sipenmaru (kependekan dari Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru). Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian disebut PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan).

UMPTN

UMPTN (Via: fsc-students.blogspot.com)

Di 1989, PMDK dihapus, kemudian Sipenmaru ganti nama jadi UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nama UMPTN bertahan hingga 2001 yang setelahnya berganti nama.

SPMB

SMPB (Via: www.post-gazette.com)

Setelah UMPTN, menurut SK Mendiknas No 173/U/2001 berubah nama menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).

SNMPTN

SNMPTN (Via: www.theemployable.com)

2008, pemerintah mengganti nama seleksi mahasiswa baru dari SPMB jadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Awalnya, SNMPTN hanya menerima jalur tertulis, kemudian pada 2011, bertambah dua jalur, yaitu jalur undangan dan jalur kuota.

Sekarang sudah tahu dong istilah-istilah penerimaan mahasiswa baru sebelum SNMPTN ngehits?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading