Sukses

Lifestyle

Selain Beras Plastik, China Juga Buat Beras Campur Logam & Timbal

Fimela.com, Jakarta Anda pasti geleng-geleng kepala mengetahui buruknya peredaran makanan di China yang disusupi bahan-bahan berbahaya. Hal ini membuktikan badan pengawasan obat dan makanan di Negeri Tirai Bambu itu lemah. Salah satu yang lagi bikin resah yakni beras plastik.

Ilustrasi Beras Terkontaminasi di China (Via: inbeijing.se)

Ternyata bukan hanya beras plastik saja yang diproduksi di China. Pada penelitian 2007 para ahli makanan di negara itu menemukan bukti bahwa 10,3 persen total beras mereka mengandung kadmium.

Beras terkontaminasi berubah warna lebih gelap (Via: u-tokyo.ac.jp)

Kadmium sejenis logam berat yang bisa membuat darah tinggi, patah tulang, dan nyeri sekujur tubuh. Logam ini amat berbahaya jika masuk ke dalam badan manusia.

Ilustrasi kadmium (Via: descontamina.cl)

Selain mengandung kadmium, beras-beras yang ditemukan seantero Provinsi Jiangxi, Hunan, dan Guangdong ini juga mengandung timbal sebanyak 28,4 persen.

Dengan total kadmium 10,3 persen dan timbal 28,4 persen tak heran jika di China banyak terjadi kasus cacat genetika. Bayangkan jika ini juga terjadi pada anak-anak Indonesia. Amit-amit.

Ilustrasi Beras Terkontaminasi di China (Via: ibtimes.com)

Tapi yang bikin kesal, pemerintah China nampaknya sepoi-sepoi alias gak ada tindakan apa-apa soal pengawasan buruk makanan ini. Kasus susu bermelamin, misalnya. Memang, dua produsen dihukum mati, tapi sudah banyak bocah kadung sekarat akibat susu itu.

Pemerintah China memang memberikan kompensasi namun itu belum cukup sebab pejabat berwenang tidak menutup pabrik produsen susu. 

Susu Palsu (Via: dailymail.co.uk)

Malah seorang warga bernama Zhao Lianhai yang berusaha menggerakkan warga untuk menuntut hak mereka, justru dipenjara dengan tudingan menganggu ketertiban umum. Walah!

Nah, Indonesia jangan meniru China, ya. Semoga BPOM kita bekerja dengan baik sehingga beras plastik gak beredar luas di masyarakat. Amin.

(Sumber berita: asianews.it)

Baca juga: Gak Cuma Beras Plastik, 5 Barang Ini Dibajak China Habis-Habisan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading