Sukses

Lifestyle

3 Penghargaan yang Pernah Diterima John Nash Semasa Hidup

Fimela.com, Jakarta Sebagai matematikawan, John Nash tentu saja pernah mendapatkan penghargaan atas kerjanya di bidang ilmu matematika. Apa saja penghargaan yang pernah diterima oleh John Nash semasa hidup? Berikut Bintang.com paparkan untukmu.

Nobel Memorial Prize in Economic Sciences (1994)

Nobel Memorial Prize in Economic Sciences | via: en.wikipedia.org

The Nobel Memorial Prize in Economic Sciences (nama resmi: Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel) adalah penghargaan untuk kontribusi luar biasa di bidang ekonomi dan umumnya dianggap sebagai penghargaan paling prestisius di bidang tersebut.

Penghargaan ini sering dikira adalah Nobel di bidang Ekonomi atau sebagai kategori dari Penghargaan Nobel. Padahal ini bukanlah penghargaan yang dibuat dengan kehendak Nobel pada 1895. Namun didirikan 73 tahun setelahnya berkat donasi dari yayasan Bank Sentral Swedia (The Sveriges Riksbank) pada hari jadi ke 300 bank tersebut.

Penerima penghargaan ini diseleksi oleh Royal Swedish Academy of Science namun bukan yang tergabung dalam panitia Penghargaan Nobel. Penghargaan ini diberikan pertama kali kepada ekonom Belanda dan Norwegia, Jan Tinbergen dan Ragnar Frisch, pada tahun 1969 berkat pengembangan dan aplikasi peraga dinamis untuk analisis proses ekonomi.

Double Helix Medal (2010)

Double Helix Medal | via: en.wikipedia.org

Medali Double Helix sudah diberikan setiap tahun sejak 2006 oleh Cold Spring Laboratory kepada individu yang memberikan dampak positif pada kesehatan manusia dengan meningkatkan kesadaran dan menggalang dana untuk penelitian biomedis. Muhammad Ali adalah penerima medali ini untuk perjuangannya melawan penyakit Parkinson.

Nama Medali Double Helix berasal dari molekul DNA berbentuk "tangga-putar" yang ditemukan oleh Dr. James D. Watson dan Dr. Francis Crick pada 1953.

Abel Prize (2015)

Abel Prize | via: en.wikipedia.org

Abel Prize adalah penghargaan internasional yang diberikan setiap tahun oleh pemerintah Norwegia kepada satu atau lebih matematikawan luar biasa.

Berasal dari nama matematikawan Norwegia, Niels Henrik Abel (1802-1829), penghargaan ini didirikan sejak 2001 oleh pemerintah Norwegia dan melengkapi penghargaan saudaranya di bidang humaniora, Holberg Prize.

Penghargaan Abel sering disebut sebagai Penghargaan Nobel bagi matematikawan.

 

Nah, itu adalah penghargaan-penghargaan yang pernah diterima oleh John Nash atas jasanya di bidang ilmu matematika.

 

Baca juga: Fakta John Nash yang Kamu Harus Tahu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading