Sukses

Lifestyle

Soekarno, Sosok di Balik Arsitektur Bangunan Ciamik Berikut

Fimela.com, Jakarta Soekarno sebagai tokoh proklamator? Kamu pasti sudah tahu. Orator ulung? Itu juga pasti kamu sudah tahu. Tapi tahukah kamu kalau Soekarno memiliki karya di bidang arsitektur? Nah, coba simak artikel ini kalau kamu mau tahu karya-karya Arsitektur yang dipengaruhi atau dicetuskan Soekarno.

#1 Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal | via: dawaki.blogspot.com

Pembuatan masjid pada tahun 1951 ini diprakarsai oleh Soekarno. Dengan Frederich Silaban yang seorang Kristen Protestan, sebagai arsiteknya.

#2 Monumen Nasional

Monumen Nasional | via: dodaholiday.com

Melanjutkan pembangunan besar-besaran pada era Orde Lama, Soekarno juga mendesain Monumen Nasional pada 1961.

#3 Gedung Conefo

Gedung Conefo yang telah beralih fungsi jadi Gedung DPR MPR | via: diyaspradana.blogspot.com

Gagasan Soekarno untuk membentuk suatu kekuatan blok baru yang beranggotakan negara-negara berkembang. Sekarang Gedung Conefo ini dipergunakan sebagai Gedung MPR DPR.

#4 Gedung Sarinah

Gedung Sarinah | via: mutajalliphotography.blogspot.com

Pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang digagas Soekarno setelah bertandang ke beberapa negara. Dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang murah namun, mutu yang baik. Sarinah sendiri adalah nama pengasuh Soekarno sewaktu kecil.

#5 Tugu Selamat Datang

Tugu Selamat Datang | via: kameradroid.com

Kamu pasti tahu bangunan yang satu ini. Soekarno membangunnya guna menyambut Asian Games IV yang bertempat di Jakarta pada 1962.

#6 Masjidil Haram

Masjidil Haram | via: cahiya.com

Melakukan ibadah haji pada 1955, Soekarno yang memang seorang arsitek menyarankan kepada pemerintah Saudi Arabia agar membuat bangunan untuk melakukan sa'i menjadi dua jalur pada bangunan dua lantai. Setelahnya dilakukan renovasi secara besar-besaran di tahun 1966, termasuk pembuatan jalur sa'i menjadi dua dan lantai bertingkat untuk melakukan tawaf.

Itu dia beberapa karya arsitektur yang digagas oleh Soekarno. Kalau kamu tahu bangunan lain yang ternyata buah pemikiran Soekarno, bisa langsung tambahkan di kolom komentar.

 

Baca juga: Kerennya Ir. Soekarno di KAA 1955

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading