Sukses

Lifestyle

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong

Fimela.com, Jakarta Kamu ngerasa enggak, kalau belakangan ini cuaca makin panas setiap harinya. Hati-hati, teriknya matahari bisa mengganggu kesehatan kamu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trick yang bisa kamu lakukan supaya kamu enggak ngerasa terlalu panas. 

#1 Minum Air Mineral

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: greatdaymoving.com

Di tengah teriknya matahari, kamu akan gampang sekali dehidrasi. Memang, paling enak minum minuman bersoda yang dingin. Tapi, itu akan merusak organ tubuh kamu. Sebaiknya kamu minum air mineral sesering dan sebanyak mungkin. Supaya cairan di tubuh kamu tetap terpenuhi. 

#2 Alkohol, Kopi, Cola

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: vectorgraphicsblog.com

Hindari ketiga minuman tersebut. Kenapa? Alkohol dapat membuat tubuh kamu dehidrasi! Sedangkan kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan panas pada metabolisme tubuhmu. 

#3 Konsumsi Makanan Ringan

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: smartdestinations.com

Kenapa? Karena makanan berat perlu dimasak. Sedangkan makanan ringan enggak perlu kompor. Kalau bisa hindari kegiatan yang berhubungan dengan api. Sehingga suhu badan kamu enggak akan meningkat. Selain itu, pilih makanan ringan yang mengandung buah dan susu rendah lemak. 

#4 Makan Makanan Pedas

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: changwei120.com

Enggak, kamu enggak salah dengar. Mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu menurunkan suhu dalam metabolisme tubuhmu. Kenapa? Karena saat makan makanan pedas kamu akan mengeluarkan keringat. Proses ini akan menurunkan suhu dalam tubuhmu. 

#5 Pakaian longgar

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: shoppunchclothing.com

Di saat cuaca sangat terik, sebaiknya kamu kenakan pakaian yang longgar dan kaos berwarna terang. Kaos akan menyerap keringatmu, sedangkan pakaian berwarna terang merefleksikan radiasi matahari. 

#6 Pilih Waktu Adem

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: mytrainerjill.com

Kalau kamu mau beraktivitas di luar ruangan, misalnya berolahraga atau memang pekerjaanmu berada di luar ruangan, kamu harus pilih waktu di mana matahari sudah bergeser. Misalnya sore hari atau bahkan malam. Kalau tidak bisa, usahakan beraktivitas di dalam ruangan saja. 

#7 Kompres dengan Es Batu

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: ceciliawongpurebeauty.com

Kamu bisa menggunakan es batu untuk mengompres leher, pergelangan tangan, siku, pangkal paha, pergelangan kaki, dan belakang lutut. Ini akan menurunkan suhu panas yang ada pada tubuhmu. 

#8 Spray Bottle

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: huffpost.com

Di luar ruangan, tentu saja enggak ada mesin pendingin atau kipas angin. Tapi jangan takut, kamu enggak akan mati di luar sana karena kamu bisa manfaatkan spray bottle. Isi saja botol dengan air bersih. Kamu bisa spemrotkan ke wajahmu kapan pun kamu butuhkan. 

#9 Kosmetik dalam Freezer

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: huffpost.com

Penyimpanan konsmetik yang biasa kamu gunakan juga berpengaruh. Kamu bisa simpan body lotion, krim mata, masker wajah dan lainnya di dalam lemari es. Ketika kamu menggunakannya, suhu panas dalam tubuhmu akan menurun. 

#10 Pastikan Tutup Tirai 

Gini Caranya Menghadapi Terik Matahari di Siang Hari Bolong | via: k2sewwhat.blogspot.com

Pastikan kamu menutup tirai kamar tidurmu pada siang hari jika kamu ingin bepergian ke luar rumah. Kamu enggak mau, kan, kamarmu terasa seperti greenhouse? 

 

Sepuluh cara itu membantu kamu dalam menghadapi cuaca panas akhir-akhir ini. Yang penting, pastikan kamu selalu minum banyak air!

[Baca juga]: Ramai Gelombang Panas di India Daerah Ini Malah Gak Terkena Panas

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading