Sukses

Lifestyle

5 Komik Silat yang Digandrungi Remaja Indonesia Era 90an

Fimela.com, Jakarta Era 90ankomik Hongkong (manhua) dengan tema persilatan sangat digandrungi para remaja saat itu. Terutama sejak masuknya komik Tiger Wong. Setelah itu mulai banyak judul manhua yang masuk ke Indonesia. Kali ini Bintang.com akan menampilkan 5 komik silat asal Hongkong yang termasuk terkenal di Indonesia. Apa saja? Cekidot!

3 Pendekar

3 Pendekar | via: boombastis.com

Judul asli komik karya Fung Chi Ming ini adalah “Dagger, Sword, Laugh”. Manhua ini menceritakan petualangan 3 orang pendekar yang dijuluki 3 perampok bijak yaitu Han To si raja golok, Beng Kiam si jagoan pedang, dan Sam Sui si tangan kosong.

Pedang Sakti (Killer Sword)

Pedang Sakti (Killer Sword) | via: boombastis.com

Manhua ini berjudul asli Chinese Hero: A Tale of the Blood Sword. Di Indonesia diterbitkan dengan judul Killer Sword atau Pedang Sakti. Mengisahkan perjalanan hidup Wan Ying Hung yang melarikan diri ke Amerika setelah dia membalas dendam dengan membunuh sebuah keluarga berwarga negara asing, di negaranya.

Tiger Wong

Tiger Wong | via: boombastis.com

Manhua legendaris karya Tony Wong ini sebenarnya sudah mulai ditulis dari dekade 70an berjudul Little Rascals (Siau Lau Man). Mengalami perubahan berkali-kali, mengalami reboot, penulisan ulang, dan lainnya hingga berganti nama menjadi Oriental Heroes (Long Hu Men). Mungkin karena saking populernya, komik ini masih berlanjut sampai sekarang (40 tahun kemudian). Mengisahkan petualangan beberapa orang anak muda jago silat dalam melawan mafia dan organisasi kejahatan lainnya. Jagoannya bernama Tiger Wong (Wong Xiao Hu) dan kakaknya yang bernama Dragon Wong (Wong Xiao Long).

Tapak Sakti (Buddha's Palm)

Tapak Sakti (Buddha's Palm) | via: boombastis.com

Komik karya Tony Wong ini dirilis oleh penerbit yang sama dengan Tiger Wong. Meskipun komik ini adalah karya Tony Wong, sebenarnya komik ini mengambil cerita berdasarkan novel silat karya Gu Long (Khu Lung) berjudul Juedai Shuangjiao (Dua jagoan). Berkisah tentang 2 orang saudara kembar yang terpisah dan sempat bermusuhan untuk kemudian kembali menyadari persaudaraan mereka.

Angin dan Awan (Wind and Cloud)

Angin dan Awan (Wind and Cloud) | via: boombastis.com

Komik ini tidak begitu populer di Indonesia, tetapi film dan serial TV nya meraih cukup banyak penggemar. Berkisah tentang 2 orang pemuda bernama Wind (awan) dan Cloud (Angin) yang diasuh oleh seorang pemimpin dunia persilatan. Sang pemimpin ini percaya pada ramalan bahwa hidupnya akan harum dan terkenal karena awan dan angin, tetapi juga akan berantakan karena kedua hal tersebut pula.

 

Komik-komik diatas masih bisa ditemui di toko buku bekas atau lapak-lapak jual beli online yang sedang naik daun sekarang. Bisa juga kamu tanyakan ke kakak atau pamanmu yang mungkin masih menyimpan koleksi manhua mereka.

 

Baca juga: Sebelum Ramai Acara TV, Ini Komik 90an yang Nemenin Sahurmu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading