Sukses

Lifestyle

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita berpikir TOEFL adalah hal yang terpenting untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tapi kamu tahu enggak, kalau sebenarnya tanpa skor yang tinggi juga bisa mendapatkan beasiswa? Caranya gimana? Bintang.com kali ini bakal kasih bocoran ke kamu 5 cara mendapatkan beasiswa dan mengenyam pendidikan ke luar negeri tanpa skor TOEFL tinggi. 

#1

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah | via: youtube.com

Kamu bisa mengandalkan kemampuanmu yang di atas rata-rata. Kalau kamu punya satu kemampuan yang orang lain enggak punya, di situ peluangnya! Contoh nyata adalah Yohanes Surya, pakar Fisika Indonesia. Skor TOEFLnya pada saat itu hanya 415, tapi dengan kemampuan yang dia miliki, dia bisa tembus sekolah di College of William and St. Mary, Departemen Fisika, Amerika Serikat. Wow!

#2

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah | via: drawing-board.org

Pilih jurusan sains dan eksakta. Karena kamu akan lebih banyak belajar menghitung dari pada menulis. 

#3

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah | via: alohacleaningservice.com

Dapatkan surat rekomendasi dan buat motivation letter yang kuat. Kuncinya, surat rekomendasi tersebut harus dari dosen yang benar-benar mengenal kamampuanmu. Kalau dosen tersebut pernah menerbitkan jurnal internasional dan mengikuti seminar internasioanl, kamu akan mendapatkan poin lebih. 

Pada motivation letter, kamau harus jelaskan kalau kemampuan bahasa Inggrismu masih minim. Tapi kamu berjanji untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan sangat keras. Sekali lagi, dengan sangat keras.

#4

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah | via: theavenuestory.com

Cobalah melamar ke universitas di negara-negara yang berbahasa selain Inggris. Misalnya Rusia, Spanyol, Perancis, Belanda, Itali dan lainnya. Tapi, biasanya kamu harus ikut kelas persiapan sebelumnya. Kamu bakal belajar bahasanya, bisa di Indonesia atau pun di negaranya. 

#5

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah | via: youtube.com

Mengandalkan IPK di atas 3,50. Kalaupun IPK-mu masih di bawah angka tersebut, kamu enggak boleh berkecil hati. Karena banyak orang Indonesia yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan IPK 3.20 dan nilai TOEFL di bawah 500. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah. :)

 

Nah, itu dia lima cara supaya kamu dapat beasiswa ke luar negeri tanpa susah payah mendapatkan skor TEOFL tinggi. Jangan berkecil hati dulu, makanya. Sekarang buruan, deh, siapkan segala berkas dan lainnya untuk mendaftarkan dirimu dengan segera. Waktunya mengenyam pendidikan di luar negeri!

 

Baca juga: Profil Singkat Tokoh Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading