Sukses

Lifestyle

NASA Rilis Foto Permukaan Pluto dari Jarak Dekat

Fimela.com, Jakarta Pesawat penjelajah New Horizon milik NASA terbang melewati Pluto Selasa (14/7) kemarin. Inilah yang dikirimkan oleh pesawat yang diluncurkan pada 2006 silam dan telah melakukan perjalanan sebanyak 3 juta mil dalam 9 tahun terakhir. New Horizon tidak berhenti di Pluto, namun dia terbang melewati planet kerdil tersebut  pada Selasa pukul 7.49 pagi waktu setempat.

Saat mendekatinya, pesawat ini akan berjarak hanya 12.500 kilometer dari permukaan. New Horizon melakukan perjalanan dengan kecepatan 14 kilometer per detik. Ini adalah pertama kalinya kita bisa sangat dekat dengan Pluto.

NASA merilis foto jarak dekat pertama Pluto di Instagram resmi mereka Selasa pagi waktu setempat.

 

Gorgeous Pluto! The dwarf planet has sent a love note back to Earth via our New Horizons spacecraft, which has traveled more than 9 years and 3+ billion miles. This is the last and most detailed image of Pluto sent to Earth before the moment of closest approach, which was at 7:49 a.m. EDT Tuesday - about 7,750 miles above the surface -- roughly the same distance from New York to Mumbai, India - making it the first-ever space mission to explore a world so far from Earth. This stunning image of the dwarf planet was captured from New Horizons at about 4 p.m. EDT on July 13, about 16 hours before the moment of closest approach. The spacecraft was 476,000 miles (766,000 kilometers) from the surface. Images from closest approach are expected to be released on Wednesday, July 15. Image Credit: NASA #nasa #pluto #plutoflyby #newhorizons#solarsystem #nasabeyond #science

A photo posted by NASA (@nasa) on

 

Gambarnya memakan waktu 4.5 jam untuk mencapai bumi. Semua itu menjadi agak mengharukan bagi para kru NASA seperti yang tergambar pada kicauan di Twitter resmi mereka.

 

Pada hari yang sama, NASA merilis campuran warna di Pluto yang dimaksudkan untuk menyoroti "keragaman komposisi" planet kerdil tersebut.

 

New Horizons telah mengambil gambar Pluto dan bulannya selama perjalanan.

Pluto dan salah satu bulannya pada 29 Juni tahun ini | via: buzzfeed.com

Ini memberikan gambaran lebih baik dari si planet kerdil daripada yang pernah kita tahu sebelumnya.

Pluto (kanan) dan Charon yang diambil pada 11 Juli lalu | via: buzzfeed.com

Sebelumnya, foto Pluto terbaik yang kita punya diambil oleh Teleskop Ruang Angkasa Hubble.

Pluto yang dipotret oleh Teleskop Hubble | via: buzzfeed.com

 

Untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut dari Pluto dan perjalanan selanjutnya pesawat New Horizon, kamu bisa langsung mampir ke website resmi NASA.

 

Baca juga: 6 Pesawat Ulang Alik Nasa yang Sudah Menjalankan Berbagai Misi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading