Sukses

Lifestyle

Menikmati Eksotisme Kawah Ijen di Antara Penambang Belerang

Fimela.com, Jakarta Danau kawah luas dengan pertunjukkan blue firenya lah yang menjadikan Kawah Ijen begitu menambat hati siapapun yang datang berkunjung. Sekitar pukul 01.00 dini hari, saat matahari masih belum muncul di ufuk timur, berpijarlah api biru dari cairan belerang yang mengalir tanpa henti untuk dikeringkan oleh angin kemudian menjadi batu dan dicacah para penambang.

Kawah Ijen, Banyuwangi. | via: awaywithlily.com

Memang enggak cuma jadi objek wisata, hingga sekarang Gunung Ijen masih aktif jadi tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur. Cara bertambangnya juga masih terbilang tradisional.

Walau terlihat indah, kawah yang terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini jadi salah satu kawah paling asam di dunia. Tingkat keasamannya mendekati nol, sehingga bisa melarutkan tubuhmu hanya dalam hitungan detik.

Kawah Ijen, Banyuwangi. | via: indonesia.travel

Dengan rentang suhu 2 - 10 derajat celcius, sensasi dingin ditambah angin yang seakan melesak hingga ke tulang akan kamu jumpai di sini. Menyesuaikan dengan suhu yang dingin, tanaman yang bisa tumbuh hanyalah bunga edelweis dan cemara gunung.

Kalau kamu mau menyicip keindahan Kawah Ijen, kamu wajib menyewa pemandu yang sudah hafal jalur-jalur yang aman untuk dilewati. Jangan lupa juga bawa perlengkapan trekking, air minum, dan masker yang bisa melindungimu dari pekatnya bau belerang.

Kawah Ijen, Banyuwangi. | via: mpismeker.blogspot.com

Jadi, tertarik melihat blue fire di Kawah Ijen?

 

Baca Juga: Tersembunyi di Hutan, Gereja Ayam Nan Unik Ramai oleh Wisatawan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading