Sukses

Lifestyle

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu lihat upacara bendera di Istana Negara, kamu mungkin akan bermimpi menjadi paskibraka. Tapi kalau kamu serius, kamu harus melewati beberapa tahapan seleksi. Berikut ini enam seleksi yang harus kamu lalui supaya terpilih menjadi paskibraka nasional di Istana Negara. 

Seleksi #1

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: berita.com

Seleksi pengetahuan umum dan kemampuan baris-berbaris. Biasanya, pada saat tes kemampuan baris-berbaris, orang yang akan dipilih dan lolos seleksi adalah yang gerakan baris-berbarisnya patah-patah. 

Seleksi #2

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: hariansemarangbanget.blogspot.com

Seleksi kesehatan. Tes ini sama seperti tes kesehatan biasa. Pada saat pengukuran tekanan darah atau tensi usahakan membuat dirimu serileks mungkin, ya. 

Seleksi #3

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: ppijp.com

Ternyata juga ada seleksi postur tubuh. Selain kesehatan fisik yang sempurna, postur tubuh juga harus sempurna. Postur tubuhmu dapat diketahui dari surat hasil pemeriksaan kesehatan, yang menyertakan hasil computed tomography (CT) scan. Kalau terlihat sedikit saja ada yang enggak memenuhi kriteria, kamu enggak bisa lolos. Misalnya saja kakimu berbentuk O atau X.

Seleksi #4

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: piksmait.blogspot.com

Setelah itu ada seleksi wawancara. Pada tahapan ini kamu harus bisa menjawab dengan cepat dan berani menatap questioner. Ketika menjawab pertanyaan kamu diharuskan untuk jujur karena kalau berbohong mereka bisa tahu dari lensa matamu. 

Seleksi #5

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: smanegeri1amuntaiutara.sch.id

Selain seleksi baris-berbaris, juga ada seleksi fisik. Kamu enggak bisa lolos tanpa latihan sebelumnya. Sebaiknya kamu mempersiapkan dirimu seperti push-up, lari 12 menit, dan sit-up. 

Seleksi #6

6 Seleksi yang Harus Kamu Lalui Kalau Ingin Menjadi Paskibraka | via: pramugariblog.wordpress.com

Ketika sudah terpilih, kamu akan berlatih baris-berbaris selama waktu yang sudah ditentukan. Latihan tersebut pasti keras untuk menempa kedisiplinanmu. Makanya setelah seleksi fisik juga ada seleksi psikotes. Tujuannya untuk mengetahui apakah kamu bisa menghadapi tekanan selama masa pelatihan. 

 

Nah itu dia enam tahapan seleksinya. Kalau kamu lolos, kamu akan dilantik dan mendapatkan kehormatan untuk menjadi paskibraka nasional. 

 

Baca juga: 6 Hal Ini Tanpa Sadar Kamu Lakukan Karena Jadi Paskibraka

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading