Sukses

Lifestyle

Filosofi di Balik Lomba-lomba Pada Hari Kemerdekaan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Perayaan hari kemerdekaan Indonesia itu lekat dengan lomba-lomba seru yang biasanya digelar di seluruh pelosok negeri. Tak hanya sekedar senang, ternyata lomba-lomba tersebut punya filosofinya masing-masing. Langsung aja nih kamu simak baik-baik ulasannya.

Egrang

Walau sudah terbilang jarang. Namun, beberapa daerah masih mengadakan lomba egrang. Ternyata lomba ini bermaksud untuk menghina koloni-koloni Belanda yang notabene bertubuh lebih tinggi.

Egrang. | via: sman2kuta.sch.id

Balap Karung

Kalau lomba balap karung dimaksudkan untuk mengingatkan. Saat era Jepang, penduduk Indonesia menggunakan karung goni sebagai pakaian yang melindungi tubuh mereka.

Balap Karung. | via: kemenag.go.id

Tarik Tambang

Berbeda dengan lomba tarik tambang yang mengandung makna gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas masyarakat Indonesia.

Tarik Tambang. | via: sman16sby.wordpress.com

Panjat Pinang

Ini menyiratkan, kalau orang Indonesia enggak cepat berputus asa dan senantiasa berjuang untuk mendapatkan apa yang jadi keinginannya. Walau harus bersusah-susah terlebih dahulu.

Panjat Pinang. | via: sharontravelogue.com

Kalau kamu tahu lomba lain di hari kemerdekaan Indonesia yang juga terdapat filosofi di baliknya, langsung share di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 7 Tipe Orang dalam Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-70

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading